Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo, saat melakukan gunting pita pada program Bintara PT SCG di Kecamatan Gunungguruh. [Foto: Ist]

PT SCG Dukung Gerakan 100 Persen ODF Bangun Toilet Sehat Gandeng Kodim 0607

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten SukabumiSCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa berkolaborasi dengan KODIM 0607/Kota Sukabumi dalam program Semen Jawa Bintara (Semen Jawa Bina Lingkungan bersama Tentara) bangun Toilet Sehat untuk masyarakat umum di Desa Kebonmanggu dan Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi. Pembangunan toilet sendiri sudah diresmikan pada hari ini, Kamis (19/8/2021). Program tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu upaya Semen Jawa dalam mendukung gerakan 100% Open Defecation Free (ODF) di Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

ODF sendiri merupakan kondisi dimana masyarakat telah melakukan sanitasi total dengan tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Suatu desa dapat dikatakan ODF jika 100% penduduk desa tersebut telah memiliki akses BAB di toilet sehat.

Program ini sejalan dengan himbauan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang terus berupaya mendorong seluruh pihak untuk terus berperan serta dalam menuntaskan 100% ODF di Kabupaten Sukabumi. Hal ini juga berkaitan dengan penerapan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) salah satunya mengenai Buang Air Besar. Dimana pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga tersedianya toilet atau jamban sehat sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca juga:
P2P Dinkes Sukabumi, Sosialisasi dan Pelatihan Tim Pelacak Kontak Covid-19 Ditingkat Desa

“SCG senantiasa berupaya mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya yang berada di sekitar area operasional perusahaan salah satunya melalui program Bintara. Kami sangat antusias dalam menggalakan gerakan 100% ODF di Kabupaten Sukabumi. Kami berharap kontribusi kami membangun fasilitas toilet umum yang memadai akan mendorong percepatan penanggulangan masalah ODF di Kabupaten Sukabumi,” ujar Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

Program Bintara yang merupakan sebuah program kolaborasi ini sejalan dengan pilar CSR PT Semen Jawa dalam meningkatkan kualitas hidup di masyarakat melalui bidang infrastruktur dan kesehatan. Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo, selaku Komandan Distrik Militer 0607/ Kota Sukabumi mengungkapkan, kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal tercapainya kesuksesan program 100% ODF di Sukabumi.

“Ya melalui program ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku tidak sehat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Kami sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan SCG yang untuk turut serta mengatasi permasalahan kesehatan dan lingkungan di Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Sementara itu, warga perwakilan dari masyarakat Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh, Iyus mengatakan, berterima kasih atas digulirkan program Bintara PT SCG dan berkolaborasi dengan Kodim 0607 Kota Sukabumi, program toilet bisa terealisasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga:
Tak Butuh Waktu Lama, Polisi Bekuk Pelaku Curanmor di Cicurug

“Kami menyadari bahwa kesehatan dimulai dari sanitasi yang baik, kami berterima kasih kepada SCG atas dukungan toilet sehat ini. Kami berharap toilet ini dapat memudahkan kami dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat,“ sambung Iyus.

Sejak tahun 2013, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya melalui berbagai program kontribusi sosial seperti program klinik keliling, penyediaan sarana air bersih, pembangunan masjid, perbaikan infrastruktur, dan dukungan beasiswa pendidikan kepada lebih dari 400 siswa dan siswi tingkat SD dan SMP serta 150 beasiswa pendidikan SMA setiap tahunnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0607/Kota Sukabumi yang telah berkolaborasi dengan SCG dalam program ini. Selain itu, kepada semua pihak yang selalu bersama-sama mendukung perusahaan untuk dapat berkontribusi dalam memajukan Sukabumi,” tutupnya.

 

Redaktur: Akoy Khoerudin
Sumber: humas_scg

Tinggalkan Balasan