Camat Lembursitu Deni Ahmad, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan TPS3R di Kelurahan Cikundul, Kamis, (16/9/2021). [Foto: Herdi]

Camat Lembursitu Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan TPS3R di Cikundul

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI KOTA – Terwujudnya pengolahan sampah berbasis sumber serta percepatan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di masing-masing Kelurahan yang ada di Kota Sukabumi terus di tingkatkan kapasitasnya.

Hal itu terbukti dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama pembangunan TPS3R di Kelurahan Cikundul Kota Sukabumi, yang secara langsung dilakukan oleh Camat Lembursitu Drs. Deni Ahmad, Kamis 16 September 2021 di Jalan Kapitan RT 04/03 Kelurahan Cikundul.

Baca juga:
Peletakan Batu Pertama, LaNyalla: Menandai Dibangunnya Lagi Istana Uma Batu

Peletakan batu pertama pembangunan TPS3R dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi Herman Permana, didampingi Lurah Cikundul Agus Heryanto.

“Pengolahan sampah ini menggunakan metode 3R yakni, Reduce Reuse Recycle. Nantinya selain bermanfaat bagi lingkungan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga berpotensi terbukanya lapangan pekerjaan yang baru,” ujar Camat Lembursitu, Deni Ahmad, kepada lingkarpena.id usai melaksanakan peletakan batu pertama.

Program pembangunan TPS3R pengadaan alat mesin dan angkut sampah merupakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 dengan nilai 570.000.000. Pembangunan dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat.

Baca juga:
Kompepar Cikundul Dilakukan Penyegaran, Ini Kata Ketua Terpilih

Di lain pihak Herman Permana menambahkan, dengan dibangunnya TPS3R di Cikundul ini tentunya kedepan bisa mengurangi volume jumlah sampah yang akan di angkut melalui TPSA Cikundul yang sudah mulai overload.

“Ya kita tau TPSA sekarang ini kapasitas nya sudah padat, dan yang tinggal lahan yang ada cuma 1 hektar saja. Nah dengan dibangunnya TPS3R diharapkan dapat memanfaatkan sampah keluarga untuk dijadikan nilai lebih, diantaranya pembuatan pupuk kompos dari hasil olahan Sampah di TPS3R ini,” tambahnya.

 

 

Reporter: Herdi
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan