Secara simbolis Bupati Sukabumi melakukan penanaman pohon disekitar lokasi pantai Ina Beach Hotel, Kamis (23/9/2021) [Foto: Ist]

PDK Kosgoro 1957 dan LSM Dampal Jurig Bagikan 10 Ribu Pohon Bibit Gratis

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pelantikan pengurus pimpinan daerah kolektif PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Sukabumi berlangsung khidmat. Acara tersebut digelar di Ina Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kamis (23/9/2021).

Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang juga selaku dewan pakar PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Sukabumi didampingi Ketua Kosgoro 1957 Jawa Barat, melakukan kegiatan bakti lingkungan hidup dan konversi alam. Secara simbolis Marwan melakukan penanaman pohon disekitar lokasi pantai sebagai simbol kecintaan terhadap Lestari alam Sukabumi.

Kegiatan pelantikan Kosgoro 1957 serta bakti lingkungan diprakarsai oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dampal Jurig. Usai kegiatan pelantikan dilakukan pembagian bibit pohon produktif secara gratis untuk masyarakat sejumlah 10 ribu pohon.

Baca juga:
Baksos LSM Dampal Jurig, Tanam 500 Pohon di Tempat Sejarah Bojongkokosan

“Pembagian bibit pohon ini secara cuma-cuma atau gratis untuk warga masyarakat. Pembagian pohon sesuai dengan tahun berdirinya Kosgoro sekitar 1957 pohon untuk wilayah Palabuhanratu, Cikakak, Cisolok,” ujar Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis kepada, lingkarpena.id Kamis (23/9/2021).

Ditambahkan Irvan, untuk sisa pohon sendiri sudah dicanangkan lokasinya antara lain untuk Gunung Gede Pangrango dan wilayah Pajampangan.

Dikatakan Irvan, jenis pohon yang dibagikan merupakan jenis pohon buah-buahan produktif. Pengadaan bibit pohon sendiri hasil kerjasama baik LSM Dampal Jurig Jawa Barat dengan BPDASHL Citarum – Ciliwung serta KLHK RI.

Baca juga:
LSM Dampal Jurig, Support Warga Cibodas Palabuhanratu, Manfaatkan Lahan Agar Produktif

“Kegiatan pelantikan merupakan acara ceremony saja. Inti dari kegiatan adalah merupakan pemulihan lingkungan hidup dan mitigasi iklim. Dengan menanam pohon alam bisa Lestari ekonomi masyarakat bisa bertambah serta banyak manfaat dari menanam pohon ini,” ujar Irvan.

Ketua LSM Dampal Jurig berharap, melalui kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan rasa cinta, masyarakat terhadap alam. “Alam bisa menjadi penyelamat lingkungan hidup, lestari alam bisa kita wariskan kepada anak cucu kita kelak,” timpalnya. (*)

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan