Abah Ruskawan: Kecam Pernyataan Ustad Khalid Basalamah Wayang Itu Haram

LINGKARPENA.ID – Ketua Paguyuban Pasundan Wilayah Komda II Jawa Barat Abah Ruskawan, menyikapi soal perkataan Ustad Khalid Basamalah soal mengharamkan wayang yang sempat viral beberapa waktu lalu. Menurut Abah, walaupun yang bersangkutan sudah meminta maaf dan klarifikasi.

Wayang bagi masyarakat Jawa dan Jawa Barat merupakan sarana dakwah yang sudah kental dari jaman wali.

Baca juga:  PP 85 Tahun 2021 Dapat Menjepit Nelayan, drh. Slamet: Minta Presiden Jokowi Membatalkan

Hal itu harus di garis bawahi, Wali Songgo dalam menyebarkan Agama Islam di tatar jawa mengunakan media wayang golek atau budaya sebagai upaya penyebaran agama islam pada jaman itu.

“Tentunya bukan hanya Ustad Khalid saja, tapi bagi semua pihak. Seperinya untuk ustad Khalid khusus harus banyak belajar tentang kearipan lokal, tentang budaya daerah. Sementara itu budaya nasiaonal akan tidak ada jikatidak ada budaya daerah,” terang Abah Ruskawan, kepada Lingkarpena.id Selasa 15/2/2022.

Baca juga:  Lapas Nyomplong Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru 2022, Ini Kata Christo

Lanjut Abah Ruskawan, kalau dilihat dari mimiknya beliau adalah keturunan bangsa Arab. Jika dilihat dari sisi kultur budaya, sangat berbeda antara Arab dan Indonesia. Intinya disini satu hal yang harus dicermati oleh para ustad termasuk para inohong-inohong jangan terlampau mudah mengeluarkan statmen yang dapat membuat konflik.

Pos terkait