Banjir Cimandiri Porak Porandakan Irigasi, 80 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

LINGKARPENA.ID – Hujan deras yang mengguyur pada Kamis (17/2/2022) kemarin menyebabkan sungai Cimandiri meluap. Sehingga memporak porandakan saluran irigasi di Kampung Sungapan Rt 26/06 Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 21:00 WIB malam kemarin. Akibatnya ratusan meter saluran irigasi dan pamsimas rusak berat diterjang banjir. Selain di Sungapan banjir juga terdapat di Blok Maduhur Desa Padabeunghar.

Baca juga:  Banjir Rendam Pemukiman di Kecamatan Ciemas

Banjir juga menghancurkan saluran pipanisasi dan dua unit saluran irigasi milik PSDA Kabupaten Sukabumi. Fasilitas umum milik masyarakat habis diterjang banjir sungai Cimandiri.

“Banjir juga mengancam 3 Rumah yang di huni 10 jiwa. Akibat lain yang ditimbulkan, sekitar 80 hektar sawah warga terdampak dan dimungkinkan bakal mengalami gagal panen,” ujar p2bk Jampang Tengah Dadi, dalam laporannya yang disampaikan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Korban Terbakar Sedang Sakit Stroke, Inilah Kronologi Kejadian Kebakaran di Sagaranten

Menurut Dadi, kerusakan yang ditimbulkan banjir semalam diantaranya fasilitas umum pipanisasi sepanjang 40 merer, saluran irigasi Masbar panjang 40 merer dan lebar 2 meter dengan ukuran tinggi 4 meter. Sementara saluran irigasi Jentreng dengan panjang 150 meter, lebar 2 meter dan tinggi 6 meter, semuanya hancur diterjang banjir.

Pos terkait