Bersih-bersih Narkoba, Forkopimda Kota Sukabumi Launching Kelurahan Bebas Narkoba

Forkopimda Kota Sukabumi saat launching kelurahan bebas narkoba.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi Launching membentuk kampung narkoba di Kelurahan Sukakarya menjadi salah satu percontohan Kelurahan bebas narkoba yang diselenggarakan oleh Polres Sukabumi Kota.

Kegiatan Launcing Pembentukan Lambung Bebas Narkoba tersebut bertempat di Aula Kantor Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jumat (18/08/2023).

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo, mengatakan launching dan pembentukan kelurahan bebas narkoba ini merupakan tindak lanjut program quick win dari Kapolri, yang mengamanatkan agar setiap kota kabupaten yang ada di lingkup polres masing-masing membentuk kelurahan bersih narkoba.

“Program kelurahan bebas narkoba ini salah satu contoh untuk mendorong nanti kelurahan atau desa yang lain untuk dapat juga mengadopsi kegiatan ini,” kata Ari kepada Lingkarpena.id seusai acara.

Baca juga:  Peringati 10 Muharam, Kepsek SDN Cimanggah 1 Santuni Belasan Siswa Yatim

Lanjut dia, Polres Sukabumi Kota dalam kurun waktu tujuh bulan ini, terhitung dari awal Januari hingga akhir Juli 2023 itu ada 78 pengungkapan kasus narkoba. Dari total angka tersebut, wilayah Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, menjadi yang paling tertinggi dibandingkan wilayah lainnya.

“Alhamdulillah berkat dari kesadaran masyarakat untuk membentuk kelurahan bebas narkoba ini, sehingga kita dari kepolisian, dari pemerintah membantu untuk bersama-sama memerangi narkoba,” tandasnya.

Baca juga:  Gerai Vaksin Night Presisi Layani Dosis Satu Dua dan Booster

Ditempat yang sama Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, menambahkan pihaknya mendukung penuh untuk memerangi narkoba. Pasalnya, launching dan pembentukan kelurahan bebas narkoba ini merupakan program dari undang-undang yang harus ditindaklanjuti. Terlebih, Pemkot Sukabumi juga sudah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN).

“Kita berharap dengan adanya program ini mampu untuk mempercepat P4GN yang ada di wilayah, karena kita ingin mempersiapkan bagaimana anak-anak muda ke depan, generasi selanjutnya Indonesia di 2045 mendatang adalah anak-anak yang memang sudah dipersiapkan sebaik mungkin dari sekarang,” bebernya.

Baca juga:  Budi Azis Terpilih jadi Ketua GM FKPPI Rayon Cibereum Kota Sukabumi Secara Aklamasi, Ini Pesannya!

Setelah di launchingnya Kelurahan Sukakarya menjadi kelurahan bebas narkoba sambung Fahmi, langkah selanjutnya ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya edukasi, sosialisasi bagaimana membangun kebersamaan di antara masyarakat setempat, sehingga betul-betul menyadari benar tugas dari P4GN.

“P4GN ini tugas bersama, bukan tugas Polri ataupun pemerintah daerah. Tapi dengan keberadaan program ini mampu semakin menguatkan kebersamaan dari masyarakat untuk memberantas P4GN,” pungkasnya.

Turut hadir pada momen Launching pembentukan kampung narkob, Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto Ketua DPRD, Kepala BNNK, Kasat Narkoba, Jajaran Polres Sukabumi dan Unsur Forkopimda lainnya.

Pos terkait