Bupati Buka Festival Agrokuliner di Pantai Palangpang Sukabumi, Begini Pesan-pesannya

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami saat membuka secara langsung Festival Agrokuliner di Pantai Palangpang Kecamatan Ciemas Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi turut meriahkan Festival Agrokuliner Nata Masagi Part Of Geopark Cullinary, di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sabtu, 11 Mei 2024.

Festival Agrokuliner yang diramaikan para UMKM Sukabumi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami.

Acara tersebut juga menghadirkan berbagai macam hiburan lokal seperti tari-tarian tradisional, lomba memasak dan lainnya.

Bupati Sukabumi, H Marwan menyampaikan, bahwa Festival Kuliner merupakan ajang promosi produk khas daerah dan pengembangan pariwisata berkelas dunia. Juga akan memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lebih kreatif dan inovatif.

Baca juga:  Puncak Satu Abad NU, Bupati Marwan: Jaga Kekompakan dan Terus Berkontribusi untuk NKRI

“Festival kuliner ini diyakini akan meningkatkan daya tarik wisata untuk pertumbuhan ekonomi,” ungkap Bupati Marwan.

Bupati menjelaskan, festival nata masagi selaras dengan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan rebana dan kawasan Jabar Selatan dalam peningkatan investasi yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

Percepatan pembangunan Jabar Selatan ini tidak mudah Imbuh Bupati, Sehingga harus dilakukan secara terpadu dan terintegrasi oleh instansi terkait termasuk masyarakat.

“Jadi selain Dinas Pariwisata, instansi terkait lainnya pun harus membantu dalam percepatan pembangunan kawasan Jabar Selatan,” tegasnya.

Baca juga:  Bupati Buka Kreasi Karung Goni jadi Ikon SIMI Fashion and Culinary Nite Festival

H Marwan mengajak kepada seluruh OPD agar senantiasa selalu berkomitmen mengembangkan pariwisata kelas dunia yang dimiliki Sukabumi tersebut.

“Kita semua harus terus bermimpi untuk mengembangkan pertumbuhan daerah,” pintanya.

Ia meyakini, melalui festival ini dapat mengungkit pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni, menjelaskan, festival agrokuliner nata masagi part of geopark cullinary diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif dan 10 peserta lomba memasak se-Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  BPJPH Kemenag Kota Sukabumi; 1 Juta Sertifikat Halal Gratis, Buruan Urus!

Acara tersebut kata Jujun, akan berlangsung selama dua hari kedepan yang mulai tanggal 11 hingga 12 Mei 2024 besok.

“Tujuan festival ini untuk meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Sukabumi. Kegiatan inj selaras dengan prioritas pembangunan provinsi Jawa Barat dan Perpres nomor 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan rebana dan kawasan Jabar Selatan,” tambahnya.

Kadis Pariwisata pun optimistis, kegiatan tersebut akan mendorong promosi wisata dan akselerasi penataan kawasan CPUGGp.

Di akhir acara, Bupati Sukabumi meninjau berbagai stan festival agrokuliner nata masagi part of geopark cullinary.

Pos terkait