Dukung Pertumbuhan Ekonomi, PLN UID Jakarta Raya Sambung Listrik Serentak 36 Juta VA

Kegiatan pelayanan penyambungan kelistrikan yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya | Istimewa

LINGKARPENA.ID | Guna mendukung pertumbuhan ekonomi Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan penyambungan listrik secara serentak kepada 230 pelanggan dengan total daya tersambung mencapai 36.000.000 Volt Ampere (VA) di seluruh wilayah Jakarta pada Rabu, 28 Februari 2024 lalu.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan komitmen PLN UID Jakarta Raya untuk melakukan percepatan dan peningkatan layanan kelistrikan dalam mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global.

“Peran PLN bukan hanya sebagai suplai energi untuk penerangan masyarakat semata, tapi kami juga merupakan bagian motor penggerak ekonomi di Jakarta,” ujar Lasiran dalam keterangannya.

Lasiran juga memaparkan, Listrik menjadi komponen penting dalam menjalankan bisnis. Kemudahan berbisnis Indonesia menempati peringkat 6 terbaik di Asia Tenggara dan peringkat 73 skala global. Listrik mendapatkan poin paling besar sebagai aspek kemudahan dalam berbisnis.

Baca juga:  Perayaan Natal 2023 Berlangsung, PLN Siagakan Listrik Berlapis dan Petugas Siaga Kelistrikan di Gereja

Lasiran juga turut terjun langsung ke Gedung Cyber 4 milik Karyagraha Nusantara dan melakukan penyambungan listrik sebesar 18.000.000 VA, terbesar untuk hari ini.

“Penyalaan serentak sebanyak 230 pelanggan ini menunjukkan bahwa PLN UID Jakarta Raya siap melayani seluruh pelanggan yang ada di Jakarta. Bukan sesuai kemampuan PLN, tetapi sesuai kemauan pelanggan,” ungkap Lasiran.

“Selama Bulan Februari 2024, PLN UID Jakarta Daya telah menyambung 21.100 pelanggan total daya 93 juta VA dengan berbagai akselerasi percepatan penyambungan,” imbuh Lasiran.

Sebelumnya standar PLN dalam melayani penyambungan pelanggan Tegangan Menengah yaitu 100 hari. Sekarang, PLN mengakselerasinya menjadi 20 hari.

Baca juga:  Kalapas Sematkan Tanda Kenaikan Pangkat untuk 61 Pegawai

“Percepatan penyambungan ini tentunya sebuah komitmen dari PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Jakarta ini dimana pelanggan bisnis besar sampai UMKM banyak tersebar di sini,” kata Lasiran.

Lasiran juga menambahkan bahwa penyalaan pelanggan yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta ini terdiri dari pelanggan sektor industri, bisnis, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana UMKM merupakan usaha yang menyerap tenaga kerja terbesar di seluruh Indonesia.

Sementara itu Pimpinan Project Coordinator Karyagraha Nusantara, Mario Andrew turut mengucapkan terima kasih atas pelayanan dari seluruh jajaran PLN UID Jakarta Raya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN UID Jakarta Raya tas pelayanan terbaiknya. Mulai dari proses administrasi, koordinasi, hingga pelayanan sangat rapi. Pembangunan gedung Cyber 4 diperuntukkan sebagai data center yang diperkirakan akan mulai beroperasi di tahun ini,” akunya.

Baca juga:  Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

Andrew menambahkan proses penyambungan baru dengan daya besar sekalipun bisa direalisasikan dengan waktu yang cepat dan pelayanan yang baik.

Dalam kesempatan itu Lasiran memimpin apel penyambungan serentak yang dilakukan secara hybrid di PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelanggan (UP3) Bulungan dengan peserta seluruh Unit Pelaksana lainnya di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya.

Apel tersebut melibatkan 1.308 personil gabungan yang terdiri dari pegawai PLN dan tenaga alih daya di lingkungan PLN UID Jakarta Raya untuk meningkatkan semangat juang serta komitmen seluruh personil PLN dalam upaya peningkatan layanan kelistrikan kepada masyarakat DKI Jakarta.**

Pos terkait