Empat Rumah Terbakar Hebat di Kota Sukabumi

Kondisi api saat membakar empat rumah di Gang Isnen Kota Sukabumi, pada Jumat, 12 Januari 2024.| Foto: Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Empat rumah warga Gang Isnen, Jalan Kabandungan, RW 05 Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, ludes terbakar pada Jumat, 12 Januari 2024.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 18.00 waktu setempat. Kebakaran terjadi diduga akibat adanya korsleting saluran listrik pada salah satu rumah warga. Kemudian api merembet dan membakar rumah lainnya.

Berdasarkan keterangan salah satu saksi di lokasi kejadian, Heri Supriyadi (32) warga Gang Kaswari mengatakan, Sekira pukul 17.30 WIB dirinya lewat di lokasi kejadian, namun di sana belum terjadi apa-apa.

Baca juga:  Jelang Tahun Baru Polres Sukabumi Kota Sebar Spanduk Imbauan

Namun sampai di kediamannya, Heri melihat aliran listrik sudah spanning (tidak stabil) dan mencium bau kabel yang terbakar. Selain itu beberapa tetangganya berteriak ada kebakaran. Dalam waktu 2 menit api sudah membesar.

“Api berawal terlihat dari lantai atas. Dan di sana tidak ada siapa-siapa. Sementara pinggir-pinggirnya (dindingnya) rumah itu dari kayu, jadi api mudah merambt. Api dalam sekejap udah gede dan itu tidak diketahui oleh penghuni rumah,” kata Heri kepada Lingkarpena.id.

Baca juga:  533 Orang PPPK Pemkot Sukabumi, Terima SK Pengangkatan

Lebih lanjut Heri mengatakan, api dengan cepat membesar apalagi melihatnya dari luar. dalam kejadian itu sedikitnya 4 rumah warga yang terbakar.

“Lokasi kebakaran ini kan padat penduduk. Apalagi bangunan yang mudah terbakar. Ini salah satu penyebab api cepat membesar,” ujar Heri.

Sementara itu Kabid Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran dari warga sekira pukul 18.05 WIB.

Baca juga:  Motor Pedagang Sayur Keliling Asal Benteng Sukabumi Raib Digondol Maling Saat Belanja

“Kami langsung luncurkan 3 unit kendaraan pemadam kebakaran ke lokasi dan 1 kendaraan bantuan dari Kabupaten Sukabumi. Berkat kerja keras tim di bantu warga sekitar proses pemadaman berkisar 1 jam,” jelas Ujang.

Ujang menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun 2 pemilik rumah pinsan karena shok. Keduanya langsung dilarikan ke RSUD R Syamsudin SH.

“Belum diketahui untuk jumlah kerugian materi atas musibah kebakaran ini. Kami konsentrasi pada penanganan kebakaran,” pungkasnya.

Pos terkait