Hadapi Persaingan Global, Wapres: Pendidikan Tinggi Harus Tingkatkan Daya Saing

LINGKARPENA.ID – Dalam era globalisasi, setiap negara dapat saling berinteraksi, baik untuk kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu maupun saling berkompetisi satu sama lain. Kompetisi global menuntut kita untuk memiliki kemandirian. Oleh karena itu, dibutuhkan peran pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa agar mampu menjadi yang terdepan pada setiap kesempatan.

Baca juga:  INH Bangun Masjid di Uganda, Begini Kata Youtuber "hasanjr11"

“Untuk mencapai (kemandirian), kita harus memiliki daya saing yang tinggi dan mampu memenangkan akses terhadap berbagai peluang yang tercipta dari globalisasi. Dalam hal ini, lembaga pendidikan tinggi memiliki peranan yang sangat signifikan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika menyampaikan Orasi Ilmiah pada acara Wisuda Virtual Program Vokasi dan Sarjana Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022, di Jakarta, Sabtu (26/02/2022).

Baca juga:  Polemik Pengadaan Mobdin Pimpinan DPRD Kota Bekasi Terjawab Sudah

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, disamping dapat menyiapkan human capital secara individual, pendidikan tinggi secara luas juga memiliki peran penting dalam kemakmuran masyarakat di suatu negara, karena di dalamnya terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan kualitas SDM.

“Pendidikan tinggi memiliki peranan yang krusial bagi kemakmuran masyarakat dan bangsa, karena pendidikan tinggi adalah faktor penentu pertumbuhan ekonomi jangka panjang, kemajuan teknologi, dan peningkatan keahlian praktis,” ujarnya.

Pos terkait