Hidayat Asep, Membangun Kemandirian Pariwisata dari Desa

LINGKARPENA.ID | Sebanyak 100 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1 Surade, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Hanjeli pada Kamis 8 September 2022. Mereka merupakan siswa dari jurusan APHP dan yang kedua kalinya berkunjung pasca pandemi Covid ini.

Menurut founder Dewi Hanjeli, Hidayat Asep mengatakan, bicara pariwisata pasti bicara potensi lokal. Sukabumi dikenal dengan jargon “Gurilapss” yaitu memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Potensi ini satu persatu sudah mulai terlihat dari progresnya terutama yang berada di kawasan CPUGGp.

Baca juga:  Pelaku Trafficking Asal Palabuhanratu, Dibekuk Sat Reskrim Sukabumi

Siswa saat diperkenalkan pohon hanjeli yang sudah di panen | Ist

Lanjut Hidayat Asep, selain potensi alam dan buatan, Sport Tourism menjadi sebuah atraksi yang begitu menjanjikan. Guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan ekonomi lokal, termasuk wisata edukasi menjadi sebuah trend masa kini tentang pariwisata yang fokus terhadap kualitas. Di mana menggabungkan unsur konservasi, edukasi dan pemberdayan masyrakat lokal dengan konsep pariwisata yang berkelanjutan ( Sustainable Tourism).

Pos terkait