Juna di Wilayah Surade Sukabumi, Bentuk Simbolis CDK Bagikan Bibit Tanaman

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan terus gencar melakukan penanaman pohon diberbagai lokasi di Jawa Barat. Kali ini, Dinas Kehutanan Jabar melalui Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah 3 Sukabumi melakukan gerakan Jumat Menanam (Juna) di wilayah Sukabumi Selatan (Pajampangan).

Prosesesi Juna digelar tepatnya di halaman Puskeswan wilayah VI Jampangkulon, Jalan Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jumat (7/6/2024).

Giat Jumat Menanam tersebut dihadiri oleh perwakilan CDK Wilayah 3 Tating Supriatna, Camat Surade Drs. U Suryana, Danramil 0622-14 /Surade Kapten ARM Witono, Kapolsek Surade Iptu Ade Hendra, Ka.UPTD Puskeswan Gugun Abdulgani, KA. UPTD PU Jampangkukon Rudi Abdulah, Pegiat Lingkungan Hidup Jimmy, dan tamu undangan lainnya.

Camat Surade U. Suryana mewakili Forkopimcam dalam sambutannya sebelum melakukan penanaman mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Jabar, perwakilan CDK Wilayah 3 Sukabumi, yang telah mendukung pengadaan pohon untuk ditanam di wilayah Kecamatan Surade.

Baca juga:  Pertemuan Persit Ranting IV Koramil 0703 Baros, Ini yang Dibahas!

“Terima kasih karena sudah menginisiasi untuk menghijaukan bumi Surade. Kali ini penanaman di lahan Puskeswan tentunya itu salah satu dinas yang ada di wilayah Surade,” kata Suryana di lokasi penanaman pohon di Bedeng Pasirips Surade.

Untuk itu, pihaknya berharap penanaman pohon akan terus berlanjut dan berkesinambungan untuk menjaga penghijauan dan kelestarian lingkungan.
Tak hanya itu, Suryana juga berharap adanya peran serta masyarakat yakni dengan ikut menjaga dan memelihara pohon-pohon yang sudah ditanam tersebut.

Sementara itu perwakilan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah 3 Sukabumi Tating Supriatna menuturkan, gerakan Jumat Menanam (Juna) adalah program Dinas Kehutanan Jawa Barat yang perlu di dukung oleh masyarakat. Tujuannya adalah bentuk kampanye kepada masyarakat untuk giat menanam pohon, dan tujuan utamanya sebagai pengendali terhadap isyu pemanasan bumi.

Baca juga:  Isu Tsunami, Pantai Palabuhanratu Sepi Pengunjung

“Dengan menanam pohon bumi bisa terselamatkan. Karena dari satu pohon bisa menghasilkan oksigen untuk dua orang. Ini sangat penting mengingat dengan adanya pemanasan global,” papar Tating.

Lebih lanjut Tating berharap masyarakat bisa berpartisipasi dalam program tersebut.

“Harapan saya kepada masyarakat bisa ikut menjaga, ikut memelihara karena pohon-pohon ini merupakan pohon produktif yang juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Hari ini Tating mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan secara optimal dengan menanam pohon produktif disela atau dilahan kosong. Dan penanaman yang dilakukan di halaman Kantor Puskeswan UPTD Disnak Jampangkulon tersebut adalah bentuk simbolis.

Ia juga menambahkan, gerakan tanam dan pelihara pohon ini diharapkan bisa terus berlanjut bahkan tak hanya melibatkan para petani atau masyarakat tapi juga anak-anak sekolah.

“Dengan mengajak anak-anak bertanam pohon diharapkan bisa memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memberi pengetahuan bahwa menanam pohon produktif juga dapat memberikan nilai tambah ekonomi,” tandas Tating.

Baca juga:  Tersebar Ratusan Pohon di MA Bina Ikhwana Cidolog Ternyata Program Juna CDK Wilayah III Provinsi Jabar

Sementara Kepala UPTD Puskeswan Wilayah Jampangkulon Gugun Abdulgani saat dikonfirmasi lingkar pena disela-sela kegiatannya menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Jawa Barat yang telah memberikan bantuan aneka bibit tanaman.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit tanaman ini. Semoga Tanama ini bisa tumbuh dan memberi contoh dan manfaat bagi masyarakat, sehingga mereka berminat untuk berpartisipasi pada program Jumat menanam ini,” kata Gungun.

“Ya kebetulan disini banyak kotoran hewan yang bisa digunakan untuk dijadikan pupuk dan masyarakat pun dipersilahkan untuk memanfaatkannya,” imbuh Gungun.

Beberapa jenis bibit yang ditanam, antara lain bibit buah buahan, bibit rambutan, mangga, klengkeng, jambu, jeruk dan beberapa jenis bibit tanaman pohon keras.

Pos terkait