DPU Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi Tentang Peningkatan Jaringan Irigasi Gegebeng

FOTO: Sosialisasi pembangunan peningkatan daerah irigasi Gegebeng yang diprakarsai SDA DPU Kabupaten Sukabumi bersama masyarakat Desa Waluran Mandiri.| dok. Jajang S

LINGKARPENA.ID | Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi bersama pihak pelaksana pekerjaan menggelar sosialisasi pada Jumat, ( 7/6/2024 ). Sosialisasi yang dihadiri sejumlah masyarakat ini bertempat di SD Negeri Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Sosialisasi dilakukan terkait dengan rencana Pekerjaan Peningkatan Jaringan Irigasi Permukaan Pada Daerah Irigasi (DI) Gegebeng, yang berlokasi di Desa Waluran Kabupaten Sukabumi, Tahun Anggaran 2024.

Diketahui, pembangunan tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) Dinas PU Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dengan nilai Rp. 3, 424.545.40. Alokasi itu berdasarkan surat perintah mulai kerja (SPMK) nomor 000.3.3/06/SPMK/DAK-03/DPU-SDA/2024 tanggal 29 Mei 2024 lalu.

Hadir di kegiatan tersebut Camat Waluran Supendi dan jajarannya, Kepala UPTD PU Ciemas Dadang Kuswara dan jajarannya, jajaran Polsek Cicarap dan Koramil 0622-12/Surade, perwakilan CV Karya Abdi, Kepala Desa Waluran mandiri yang diwakili BPD, Tokoh masyarakat dan warga masyarakat kampung Cikoja RT 24/04 Kedusunan Cidahu Desa Waluran mandiri.

Baca juga:  Pangdam III Siliwangi Lakukan Kunker di Kodim 0607 Kota Sukabumi

Dalam sambutannya, Kepala UPTD PU Ciemas Dadang Kuswara mengatakan, panjangnya pembangunan jaringan irigasi tersebut dengan panjang 6,8 Kilometer dan luas lahan 441 Hektar.

Selain itu, kata Dadang, tahapan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dirinya menekankan agar pihak CV Karya Abadi selaku pemegang tender proyek agar bisa melibatkan atau memberdayakan warga setempat.

Hal tersebut tambah Dadang, artinya ada pemberdayaan masyarakat lokal, temasuk menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut berlangsung selama 6 bulan lamanya.

Sementara Camat Waluran Supendi, dalam sambutannya menuturkan, program tersebut salah satu anugerah buat pemerintah wilayah Kecamatan Waluran khususnya Desa Waluran mandiri. Karena itu, menurutnya pembangunan seperti ini tidak bisa terakomodir dari anggaran Dana Desa tentunya.

Baca juga:  Sekda Hadiri Gebyar Peringatan HJKS 153 di Kecamatan Sukaraja

“pembangunan ini yang pasti tidak serta-merta. Artinya ada proses yang dilakukan seperti musdus dan musdes. Oleh karena itu mari kita sama sama dukung pembangunan ini,” ungkapnya.

Supendi menegaskan, dalam pembangunan ini akan tepat sasaran pada segala sesuatunya. Terutama pada pihak Konsultan dan Pelaksana kegiatan tersebut. Selain itu Camat juga berharap, pembangunan ini bisa dijaga setelah selesai pembangunannya.

“Perlu ada kolaborasi yang harus dibangun dengan semua stakeholder terkait. Ya seperti dengan pemerintah dan salah satunya juga dengan Media,” kata Camat Supendi

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengairan SDA Kabupaten Sukabumi Adi Nugraha ST., mewakili Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi adalah untuk menyampaikan langsung kepada warga masyarakat terkait kegiatan yang akan berlangsung.

Baca juga:  Gandeng Perusahaan Tambang, UPTD PU Jampangtengah Perbaiki Jalan Rusak

Sehingga kata Adi, nantinya masyarakat bakal mengetahui dan tidak kaget saat pembangunan direalisasi. Dia juga menjelaskan perihal hak dan kewenangan dalam program irigasi.

“Ya nantinya kan ada hak masing masing. Mana yang bisa dilakukan oleh pihak Kabupaten, Provinsi, maupun pusat atau kementrian,” singkatnya.

Nandang, selaku perwakilan dari CV Karya Abadi selaku pemenang tender juga menyampaikan, dirinya meminta kepada semua pihak untuk turut memberikan bantuan dan saran terkait dengan pelaksanaan pekerjaan nanti.

“Saya kesini permisi mohon izin. Ya dalam rangka melaksanakan pembangunan ini. Dan mohon bantuan pikiran dan saran dari warga setempat. Sementara ini saya akan mempersiapkan kantor tempat dimana nanti saya tinggal disini,” imbuh Nandang.

Pos terkait