Mengenal Kembali “Teri Jambrong” Cemilan Lauk Nasi Legendaris Ratu Nusantara

FOTO: Cemilan Teri Jambrong produk UMKM Ratu Nusantara.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Beberapa generasi masyarakat Pasundan pasti akan mengenal makanan khas Sunda yang satu ini. Dan kini namanya sudah mulai terlupakan dari masa ke masa.

Akan tetapi berbeda dengan salah satu pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Ratu Nusantara yang beralamat di Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi ini. UMKM ini tetap memproduksi makanan khas Sunda tersebut.

Jika orang Sunda tulen pasti tidak akan asing lagi penganan yang satu ini. Adalah “Teri Jambrong”. Nah untuk mempertahankan salah satu kuliner orang Jawa Barat (Sunda) UMKM Ratu Nusantara tetap mempertahankannya.

Baca juga:  Harga Telor dan Daging Ayam di Pasar Kota Sukabumi Makin Berkokok
FOTO: Cemilan Bawang Goreng aneka rasa rempah Nusantara UMKM Ratu Nusantara.| Istimewa
FOTO: Cemilan Teri Jambrong rasa aneka rempah Nusantara.| Istimewa

“Teri Jambrong ini merupakan lauk nasi yang memiliki aroma khas tersendiri. Selain itu juga bisa jadi lauk nasi yang berumur panjang. Teri Jamrong bisa disimpan dalam toples hingga kapan saja dapat menjadi lauk nasi dan sangat aman untuk dikonsumsi ,” tutur pemilik UMKM Ratu Nusantara, Siti Ratna Maemunah.

Siti menambahkan, usahanya ini merupakan karya Nusantara yang diturunkan oleh leluhurnya dan kini menjadi produk UMKM hingga menyebar luas pada beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga:  Bupati Resmikan Pusat Oleh-Oleh, Marwan: UMKM Solusi Pengungkit Ekonomi Daerah

“Saya tetap menjaga keaslian produk produk yang dibuat. Ya mulai dari jenis ikan terinya juga bumbu dan rempah rempah yang dicampurkan dalam produk penganan teri jambrong,” katanya.

Sementara itu, kata Bu Siti, untuk pemasaran sendiri dulakukan mulai dari online hingga offline, UMKM Ratu Nusantara ini tetap melayani sesuai pesanan. Untuk mempermudah pesanan peminat Teri Jambrong bisa menghubungi kontak Wasstapp di Nomor; 082120235834.

Baca juga:  Praktis, Beli Oleh-oleh Khas Jakarta di Vending Machine UMKM Stasiun Gambir

“UMKM kami memiliki produk selain dari pada teri jambrong, ada juga Bawang Goreng Nusantara. Ya berawal dari usaha kecil-kecilan, sekarang Alhmdulilah. Ya dengan membuka usaha ini bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat sekitar,” pungkas Siti.

Pos terkait