Juna SMP Negeri 2 Cibitung Sukabumi Kolaborasi Forkopimcam dan Dinas Kehutanan Lestari Hutan Sekolah

FOTO: Secara simbolis pihak SMPN 2 Cibitung Sukabumi menerima bibit pohon.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Para siswa dan guru serta Komite Sekolah SMP Negeri 2 Cibitung Kabupaten Sukabumi, melaksakan kegiatan Jumat Menanam yang dipusatkan di hutan sekolah, Jumat, (31/5).

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimcam, Babinsa, Babinkamtibmas, dewan guru SMP Negeri 2 Cibitung, perwakilan Dinas Kehutanan CDK wilayah 3 Sukabumi, penggiat lingkungan dan tamu undangan.

Kegiatan menanam pohon ini adalah agenda rutin SMP Negeri 2 Cibitung Kabupaten Sukabumi ketika menerima siswa baru, dimana para siswa diwajibkan untuk menanam pohon dilingkingannya masing masing.

Baca juga:  PWI dan IKWI Kota Sukabumi Santuni Puluhan Yatim

Camat Cibitung, Kurnia, dalam sambutannya mengatakan, gerakan menanam pohon adalah kegiatan positif, karena dampak hari ini telah terjadi perubahan iklim. Kegiatan menanam pohon merupakan salah satu usaha untuk mengurangi pemanasan global.

“Dengan kegiatan ini diharapkan ada kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman pohon dilingkingannya masing masing,” jelas Kurnia.

Sementara Penyuluh Dinas Kehutanan Jabar , Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah 3 Sukabumi Tating Supriatna dalam paparannya menjelaskan, program Jumat menanam (Juna) pohon merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan Jawa Barat khususnya Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah 3 Sukabumi.

Baca juga:  Ditinggal Pemiliknya Dua Rumah di Wangunreja Sukabumi Ludes Terbakar

Lebih lanjut, katanya, menenam pohon sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki kondisi lingkungan, karena dampak perubahan iklim yang sangat nyata dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat dunia.

“Semoga dengan kegiatan ini lingkungan kita kedepannya bisa lebih baik. Semakin banyak tanaman yang ditanam dan dirawat dengan baik dan atas kesadaran semua pihak, kualitas air, udara dan tanah dilingkungan kita semakin baik lagi,” pungkas Tating.

Baca juga:  Kapolsek Surade Jenguk Iksan Anak Cacat Sejak Lahir di Cibitung

Dijelaskan, jenis pohon yang ditanam meliputi bibit pohon buah, seperti jeruk, petai, duren, alpukat, ketapang kencana, mangga dan tanaman jengkol. Sehingga manfaatnya selain untuk menjaga lingkungan dan kerindangan taman sebagai ruang terbuka hijau, hasilnya juga bisa untuk dimakan bahkan bisa dijual.

Pos terkait