LINGKARPENA.ID | Kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan merupakan salah satu prioritas bagi Puskesmas Tamanjaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut tentunya mengacu kepada Undang-Undang nomor 17 Tahun 2023.
Sejumlah pasien masyarakat Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas pun mengakui puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada di Puskesmas Tamanjaya. Tak sedikit masyarakat memberikan apresiasi terhadap pelayanan dari tenaga kesehatan yang sudah memberikan pelayanan terhadap mereka turut dipuji.
“Saya merasa puas usai keluarganya mendapat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tamanjaya. Sangat baik dan ramah, serta memperhatikan pasien,” kata Suwanda (56), Warga Kampung Cibenda, Kecamatan Ciemas.
“Alhamdulilah kami sekeluarga merasa puas mendapat pelayanan kesehatan di Puskesmas Tamanjaya. Selain para nakesnya ramah juga penanganan yang diberikan cepat dan tepat,” sambungnya.
Selain keluarga Suwanda, hal senada diceritakan oleh pasangan suami istri Wahyu (46) dan Yanti (39) warga Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas. Keluarga ini sangat puas saat melakukan persalinan di Puskesmas Tamanjaya pada bulan Desember tahun lalu.
“Ya, saat istri saya bersalin di Puskesmas Tamanjaya semua berjalan lancar berkat kemampuan penanganan profesional para nakes. Alhamdulillah, selain ramah-ramah kami mendapat pelayanan memuaskan,” singkat Wahyu.
Sementara itu Kepala Puskesmas Tamanjaya Kepalanya, Lilis Herlina, mengatakan, pelayanan yang diberikan para nakes mengacu pada fungsinya. Puskesmas Tamanjaya akan terus meningkatkan peranannya dalam memberikan pelayanan terbaik
“Tentunya, berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2023, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan/atau paliatif dengan mengutamakan promotif dan preventif di wilayah kerjanya,” jelas Kapus Tamanjaya.
Tak cuma dalam pelayanan di kantor, para nakes Puskesmas Tamanjaya peran sertanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diwilayah kerjanya sempat mendapat apresiasi banyak kalangan. Itu saat keterlibatannya dalam penanganan bencana alam Desember 2024 lalu.
“Kami dengan seluruh tenaga kesehatan Puskesmas Tamanjaya mengumpulkan donasi dari uang pribadi untuk membantu warga terdampak bencana pada waktu itu. Iya, itu bentuk kepedulian kami kepada mereka,” tambah Lilis.