Kelurahan Subangjaya, Miliki Perpustakaan SEJEMU Hasil Swadaya

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole baru-baru ini telah membentuk sebuah perpustakaan yang diberi nama SEJEMU, dengan singkatan dari Subangjaya Jendela Ilmu.

Diketahui perpustakaan ini didirikan atas Inisiasi pemerintah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi dan melibatkan para relawan yang bekerja tanpa menggunakan anggaran kelurahan.

Lurah Subangjaya, Jumiyati mengatakan bahwa perpustakaan SEJEMU telah diluncurkan pada bulan Desember ini, yaitu di Kelurahan Layak Anak dan Sport Center Lapang Renyah. Aktivitas sudah mulai dilakukan di kedua lokasi tersebut. Dengan adanya perpustakaan ini, masyarakat dapat melakukan beragam aktivitas dan mengikuti program edukasi dalam satu wilayah.

Baca juga:  Pengerjaan Pendestrian Jalan di Kota Sukabumi Dihentikan Sementara, Polisi Sebut Alasannya

“Pembangunan perpustakaan ini merupakan hasil dari swadaya masyarakat dan kerja keras para relawan tanpa mengandalkan dana dari kelurahan. Tujuan utama perpustakaan ini adalah untuk meningkatkan inklusi sosial, bukan hanya sekedar meminjam buku. Di perpustakaan SEJEMU, juga terdapat program pemberdayaan, peningkatan ekonomi, seni, dan budaya,” kata Lurah Jumyati kepada wartawan, Jum’at (08/12/23023).

Baca juga:  Spesialis Maling Rumahan, Diringkus Polsek Cibereum Kota Sukabumi

Lanjut dia, saat ini, perpustakaan SEJEMU sudah aktif dan dibantu oleh sejumlah relawan. Ke depannya, sambung dia akan ada program-program yang digagas oleh relawan dan kelurahan dengan tujuan menghimpun anak-anak yang sebentar lagi akan memasuki libur sekolah. Harapannya, perpustakaan ini dapat meningkatkan literasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Subangjaya.

“Saat ini, antusiasme masyarakat terhadap perpustakaan SEJEMU cukup tinggi terutama karena adanya kerjasama dengan sekolah-sekolah di kelurahan tersebut. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkaya program-program perpustakaan dan memperluas manfaatnya bagi warga Subangjaya,” bebernya.

Baca juga:  Kodim 0607 Bareng PMI Kota Sukabumi, Laksanakan Bhakti Sosial Donor Darah

Karena belum memiliki gedung tambah dia, Perpustakaan SEJEMU ini akan diajukan melalui Musrenbang yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Karena kita belum memiliki gedung sehingga kita akan ajukan ke dalam musrenbang dengan harapan masyarakat nantinya akan lebih nyaman dan lancar dalam mengikuti kegiatan edukasi dan kegiatan laninya,” pungkasnya.

Pos terkait