Kunker Komisi II DPR RI, Wali Kota Sampaikan Strategi Pemkot Jelang Pemilu Serentak 2024

LINGKARPENA.ID | Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima Kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI dalam rangka mengetahui kesiapan tahapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Rabu (24/5/2023).

Dalam momen tersebut wali kota menyampaikan langkah Pemkot Sukabumi dalam menghadapi pemilu seperti dukungan sosialisasi pelaksanaan pemilu, anggaran, sumber daya manusia hingga sarana prasarana. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin ini dihadiri pula Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami dan Bawaslu Kota Sukabumi.

Di awal sambutan wali kota memaparkan gambaran umum Kota Sukabumi seperti Kinerja makro Kota Sukabumi, pelayanan publik sangat baik dan kerukunan umat beragama yang terjaga dengan baik. Selain itu Kota Sukabumi meraih penghargaan seperti Opini WTP sembilan kali berturut turut dari BPK dan 518 penghargaan lainnya.

Baca juga:  Aliansi Maysarakat Sukabumi Raya Suarakan Aksi Pembakaran Al-Quran di Swedia

” Pemkot telah melakukan sejumlah langkah menghadapi pemilu 2024, Bentuk koordinasi pemilu dengan penyelenggara pemilu berupa rakor persiapan dengan KPU, dan Bawaslu serta monitoring tahapan,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dikutip dari laman resmi kdp.sukabumi.go.id

Berikutnya kata Fahmi, Disdukcapil melakukan sinkronisasi data penduduk dengan KPU. Harapannya pelaksanaan pemilu harus kondusif di kota seperti tahun sebelumnya.

” Dukungan dari pemkot ke KPU dan Bawaslu ada yang dalam bentuk anggaran, Berikutnya sumber daya manusia dengan penempatan di sekretariat panwascam dan lainnya serta ada dukungan sarana prasarana,” ungkapnya.

Pemda juga kata Fahmi mendorong sosialisasi pemilu bersama KPU dan Bawaslu melalui pendidikan politik digagas Bakesbangpol dan KPU dengan sasaran pemilih pemula. Di samping itu Disdukcapil melaksanakan perekaman KTP pada pemilih pemula.

Baca juga:  Kapolda Jabar Disambut Hangat Forkopimda Kota Sukabumi

Sosialiasi pemilu juga lanjut Fahmi dengan pembentukan kecamatan peduli pemilu di empat kecamatan yakni Cikole, Baros, Citamiang dan Cibeureum. Sosialisasi ini pendndikan pemilih meningkatkan partisipasi Selanjutnya, pembentukan Kelurahan peduli pemilu dan akan bertambah ke wilayah lainnya.

Fahmi juga menyampaikan, potensi permasalahan bagaiman antisipasi hal-hal berita bohong atau hoaks dan money politiik. Dua masalah ini lanjut Fahmi bisa diminimalisir dan antisipasi sejak awal.

“Kedepan kolaborasi baik pemda, kepolisian, TNI, KPU dan bawaslu antisipasi masalah dalam tahapan pemilu agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik,” tandasnya.

Baca juga:  Kunker Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Kunto Arif Wibowo: Akan Buatkan Mesin Penjernih Air di Cikembar Sukabumi

Ditempat yang sama Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin mengatakan, kunjungan Komisi II membahas hal penting terkait persiapan pemilu 2024 di tengah tahapan pemilu sudah berjalan.

“Kehadiran kami ingin mengetahui kesiapan di Sukabumi dalam kesuksesan pemilu serentak 2024, Mudah-mudahan pemilu nanti, memberikan suasana yang berbeda dari segi ketertiban dan keamaban jauh lebih baik. Apabila ada masalah apa yang harus dilakukan dan fokus pada persiapan,” jelasnya.

Intinya kami ingn tahu kesiapan apa dan problem apa yang terjadi,” tutup Yanuar.

Sementara itu Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami menambahkan, saat ini belum ada masalah dalam tahalan dan bisa diatasi dengan baik.

“Hal ini diselesaikan berkoordinasi dengan stakeholder terkait,” singkatnya. (*)

Pos terkait