Penanganan diduga keracunan massal di Kampung Ciroyom Desa Pagelaran Kecamatan Purabaya oleh petugas Puskesmas Purabaya. [Foto: Ist]

Lagi, Keracunan Massal Terjadi di Pagelaran Purabaya Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan massal terjadi di Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi, terjadi pada 9 November 2021.

Peristiwa keracunan massal dialami warga Kampung Ciroyom RT 01-02/01 Desa Pagelaran Kecamatan Purabaya, sekitar pukul 08:00 WIB pagi.

Berawal petugas Puskesmas Purabaya mendapatkan informasi dari perawat yang ada di Desa Pagelaran sekitar pukul 08:30 WIB. Sebanyak 30 orang warga di dua ke-RT-an mengalami muntah, pusing dan diare yang terus menerus, petugas Puskesmas Purabaya segera terjun ke lokasi dimana terjadi kejadian luar biasa itu.

Baca juga:  Nelayan Minajaya yang Tenggelam Ditemukan, Jenazahnya Terbawa Ombak ke Tengah Laut 

“Kejadian ini diduga dari makanan Nasi Box pada acara Pernikahan di daerah Bojong Lopang, Jampang Tengah. Makanan dititip melalui saudaranya yang ada di Kampung Ciroyom ini,” ujar Camat Purabaya, Mulyadi, kepada awak media.

Petugas Puskesmas Purabaya segera membuat posko sementara di lingkungan warga Kampung Ciroyom Desa Pagelaran Kecamatan Purabaya, sebagai upaya pencegahan pertama. Kemudian merujuk warga masyarakat yang memiliki gejala sedang sampai berat ke Puskesmas Purabaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga:  Muspika Purabaya Gelar Apel Siaga Kebencanaan Wujud Antisipasi

“Untuk sementara ini jumlah pasien yang ditangani baru 30 orang, kemungkinan masih bertambah. Untuk yang dirujuk ke Puskesmas Purabaya, sejak senin sore 08 November 2021 hingga sekarang,” terang Mulyadi.

Dikatakan Mulyadi, petugas sudah melakukan penyelidikan epidemiologi bersama dengan TIM TRC Puskesmas Purabaya. Langsung terjun kelapangan untuk pengambilan sampel makanan.

“Penanganan pertama sudah dilakukan, di posko ada sebanyak 32 orang dan dilakukan observasi dan therapy obat. Untuk yang dua orang dilakukan perawatan di Puskesmas Purabaya,” imbuhnya.

Baca juga:  Inilah Kronologi Kecelakaan Angkot vs Motor di Goalpara

 

Reporter: Aris Wanto
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan