Longsor TPT di Cikidang, Ancam Dua Rumah Warga

LINGKARPENA.ID | Hujan deras yang mengguyur wilayah Kampung Pasirarangan, Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, menyebabkan tembok penahan tanah TPT longsor.

Menurut Entis Daeng Sutisna selaku manajer pusat pengendalian dan operasi Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi menjelaskan, peristiwa terjadi pada Selasa, 23 April 2024 kemarin sekitar pukul 17.30 Wib. Akibatnya, longsoran material mengancam dua rumah warga terlebih dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Baca juga:  Tiga Nyawa Melayang, Becana Alam Tanah Longsor di Caringin Sukabumi Meninggalkan Duka Mendalam

Lanjut Entis longsor tersebut terjadi diduga akibat kondisi tanah yang labil, sehingga saat di guyur hujan terjadi peristiwa tersebut.

Namun beruntung dalam peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa, maupun korban luka. Hanya saja saat ini diperlukan perbaikan segera karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan dan berdampak terhadap rumah warga.

“Tim gabungan dari P2BK, pemerintahan desa, Babinsa, babinkamtibmas dan Satpol PP kecamatan telah meninjau lokasi. Itu sebagai upaya penanganan sementara,” ujar Entis Daeng Sutisna.

Baca juga:  Longsor 3 Titik Terjadi di Kecamatan Caringin dalam Satu Hari

Dijelaskan Entis Daeng Sutisna, saat ini diperlukan penanganan darurat mencakup pemasangan bronjong dan bahan bangunan.

“Warga juga diminta tetap waspada dan berhati hati karena curah hujan masih tinggi,” jelasnya.

Pos terkait