LSM Dampal Jurig dan PB Himasi saat, melepaskan benih ikan di Situ Batu Karut Sukaraja, Minggu (10/10/2021). [Foto: Ist]

LSM Dampal Jurig Gandeng PB Himasi Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon di Situ Batu Karut Sukaraja

KABUPATEN SUKABUMI SOSIAL

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (Dampal Jurig) Jabar dan Forum Komunikasi Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPLH) Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Pengurus Besar PB Himasi Himpunan Mahasiswa Sukabumi Raya serta tokoh masyarakat Pemuda Desa Langen Sari Kecamatan Sukaraja melakukan aksi sosial.

Kegiatan aksi sosial dilakukan di Situ Batu Karut dengan melakukan penanaman pohon buah-buahan dan tebar bibit Ikan di lokasi Situ Batu Karut Desa Langensari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Minggu (10/10/2021) kemarin.

Ketua LSM Dampal Jurig Irvan Azis mengatakan, adapun jenis bibit pohon yang ditanam merupakan bervariatif. Namun, pohon yang ditanam merupakan pohon yang dapat bermanfaat dan menghasilkan kedepannya. Diantaranya ada jenis pohon Sirsak, Nangka, Durian, Alpukat, Lengkeng, untuk pohon produktif. Sementara pohon lainnya ditanam pula jenis pohon Katapang Laut, Jabon Kencana Trembesi.

Baca juga:  TIDAR Kabupaten Sukabumi Dorong Sektor Perikanan untuk Pemulihan Ekonomi
Baca juga:
PDK Kosgoro 1957 dan LSM Dampal Jurig Bagikan 10 Ribu Pohon Bibit Gratis

“Pohon yang kita tanam semua berjumlah 1000 pohon. Dan penanaman nanti dilakukan secara bertahap. Untuk jenis Ikan yang ditebar di Situ Batu Karut, ini, sejumlah 5000 ekor. Ikan itu dari jenis Ikan Nila, Mujair, dan Tawes,” jelas Irvan kepada, lingkarpena.id Senin (11/10) pagi.

Baca juga:  Politisi PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, Santuni Yatim dan Jompo

Pemberian pohon secara simbolis dari Ketua LSM Dampal Jurig kepada PB Himasi di lokasi Situ Batu Karut Sukaraja. [Foto: Ist]
Irvan menjelaskan, bahwa maksud dari kegiatan itu merupakan sebagai salah satu bentuk kepedulian organisasi yang di pimpinannya guna untuk terus menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup serta menjaga habitat Ikan demi menambah nilai ekonomi masyarakat setempat. Ke depan nantinya akan didapat hasilnya jika pohonnya sudah berbuah dan Ikan bisa dipanen, maka masyarakat akan menikmatinya.

Baca juga:  Gebyar Vaksinasi Polsek Nyalindung Sasar 130 Warga Cijangkar
Baca juga:
Pokdakan Sejahtera Sadaya Gunungguruh, Terima 500 Kilogram Pakan Mandiri dan 100.000 Benih Ikan dari BBPBAT

“Respon tokoh dan masyarakat sangat bagus. Kegiatan ini nanti kita lakukan secara berkala. Kita lakukan kegiatan ini nanti secara berkelanjutan,” terang Irvan.

Dikatakan Irvan, keberadaan Situ Batu Karut dengan sumber mata airnya juga sangat dibutuhkan untuk kepentingan sehari hari warga Desa di beberapa Kecamatan, diantaranya digunakan untuk mandi mencuci serta mengairi sawah dan kolam mereka.

“Ya, harapan kami ke depan pihak pemerintah daerah lebih memperhatikan dengan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh warga masyarakat di lokasi dan sekitar Situ Batu Karut ini,” tambahnya.

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

2 thoughts on “LSM Dampal Jurig Gandeng PB Himasi Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon di Situ Batu Karut Sukaraja

Tinggalkan Balasan