Menyongsong Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58, Ini Rangkaiannya

Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58 tahun.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Keluarga Besar Nelayan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat akan menggelar event tahunan, yakni syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58 tahun 2024,
Yang akan dimulai pada 25 Mei – 5 Juni 2024.

Dengan mengusung tema ” Nelayan Sejahtera Nelayan Makmur ” Syukuran Nelayan Ujunggenteng ke 58 Tahun 2024 akan menggelar serangkaian acara, baik olahraga, seni budaya, serta hiburan.

Ketua Panitia Syukuran Nelayan Ujunggenteng, Asep Sudiana, atau biasa akrab disapa Asep JK menuturkan, rangkaian kegiatan yang akan menyemarakan perhelatan Akbar tahunan kali ini antara lain, Upacara adat, tablig Akbar, dan bakti sosial berupa santunan anak yatim, santunan warga jompo, dan sunatan massal.

Baca juga:  Hari Nelayan Ujunggenteng ke 57, Bupati Marwan Harapkan Mampu Promosikan Daerah dan Tingkatkan Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat

Sementara untuk acara perlombaan, kata Asep meliputi, volley ball putra – putri, sepak bola, tenis meja, dan track pantai. Selebihnya, lomba rias perahu dan lomba kebersihan, lomba kuliner hasil laut dan lomba tangkap bebek.

Untuk lebih semarak acara tersebut, Panitia Syukuran Nelayan Ujunggenteng akan menggelar kegiatan yang bakal melibatkan ratusan orang dalam pelaksanaanya, yakni acara gebyar 1000 obor. Dilanjut dengan acara pemilihan putri nelayan, Bazar, dan carnaval nelayan.

Baca juga:  Wabup Hadiri Pagelaran Pasanggiri PPSI, Sekaligus Lantik Pengurus Jampang Tandang Makalangan Jampang Tengah

Selain melestarikan tradisi yang diwariskan para pendahulu, kata Asep, tujuan digelarnya syukuran nelayan ini adalah meningkatkan kesadaran untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas rejeki hasil laut selama ini.

Disamping itu, menyatukan kebersamaan dan kekompakan antara nelayan dan warga Ujunggenteng agar selalu menjaga potensi wisata yang ada di Ujunggenteng.

Menurut Asep, anggaran untuk kegiatan Syukuran Nelayan Ujunggenteng tahun ini bersumber dari donatur, simpatisan, sponsor ship, dan kas nelayan. Diperkirakan kegiatan tersebut akan menelan biaya sebesar Rp 250 juta.

Baca juga:  Binojakrama Padalangan Sukabumi Siap Tempur, Iman Rusmandar: Menunggu Kepastian Pihak Jabar

Perhelatan tahunan sekaligus pesta rakyat dan nelayan Ujunggenteng ini puncak acaranya akan menyuguhkan pagelaran wayang golek.

Pos terkait