Nantikan Wisata Langit di POB Cibeas Sukabumi

Pusat Pos Observasi Bulan POB Cibeas di Desa Sangrawayang Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.| Foto: istimewa

LINGKARPENA.ID | Ketua Dewan Hisab dan Rukyat Kabupaten Sukabumi sekaligus Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, H. Dede Sudanta mengatakan, wisata religi dan wisata langit segera di buka.

Menurut H Dede, lokasi wisata yang dimaksud merupakan Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas, yang berada di Kampung Cibeas, Desa Sangrawayang Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

Diketahui pada lokasi POB tersebut saat ini sudah memiliki sejumlah fasilitas yang bisa di lihat dan bisa dikunjungi oleh warga masyarakat serta dijadikan wisata religi dan wisata langit.

Baca juga:  Bupati Marwan Apresiasi Peningkatan Produksi Sorgum di Sukabumi

“Insyaallah lokasi Cibeas pada awal tahun 2024 akan kembali dibuka untuk umum. Ya mulai pagi sampai malam,” ujar Ketua Dewan Hisab Rukyat Kabupaten Sukabumi, kepada wartawan Jumat, 17 November 2023.

Bangunan Pos Observasi Bulan di Cibeas Simpenan Sukabumi.| istimewa

Dijelaskan H. Dede Sudanta, saat ini fasilitas yangg sudah ada di lokasi POB Cibeas diantaranya; 1 buah dome automatic system sebagai sarana meneropong benda langit, 4 buah teropong multi guna (untuk rukyatul hilal dan meneropong benda langit lainnya).

Baca juga:  Pandawara Group Dibantu Ratusan Masyarakat Bersihkan Sampah Pantai Cibutun Sukabumi

POB Cibeas Sukabumi juga sudah memiliki tim ahli rukyat yang sudah di akui di tingkat nasional dan internasional. Selain itu saat ini di lokasi sudah memiliki sarana parkir yang luas dan wisata sunset.

Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kemenag Kabupaten Sukabumi juga menambahkan, lokasi POB yang biasa dijadikan tempat rukyatul hilal penentuan awal bulan hijriyah juga kini dapat menjadi tempat wisata edukasi bagi pelajar, mahasiswa, santri dan masyarakat umum, serta tempat wisata religi dan wisata langit.

Baca juga:  Hari ke 3 Bersih-bersih Pantai Cibutun Sukabumi, Berapa Ton Sampah Terkumpul?

“Ya pada Tahun 2024 POB nanti POB Cibeas, siap menerima kembali kunjungan masyarakat yang ingin mengetahui proses rukyatul hilal, wisata religi dan wisata langit bagi masyarakat umum,” pungkasnya.

Pos terkait