Nelayan Ujunggenteng Tewas, Setelah Dihantam Ombak Besar

LINGKARPENA.ID | Seorang nelayan bernama Carwan (59), warga Jalan Mayor Dasuki RT 04/02, Kelurahan Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, menjadi korban laka laut. Perahu yang ditumpanginya diterjang ombak besar pada Selasa, 28 Mei 2024.

Carwan berangkat melaut dari wilayah Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, dengan mengunakan perahu bertuliskan CSM 13 milik Rizqi Nurtaqwa Ilahi.

Menurut Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep JK, pada Minggu, 26 Mei 2024, Carwan melaut seorang diri menggunakan perahu milik warga Ujunggenteng Sukabumi. Naas perahu yang ditumpanginya itu terbalik setelah diterjang ombak besar, dan Carwan terlempar.

Baca juga:  Bagi Ketua KPPS yang Meninggal Dunia, Ini Nominal JKM BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi Diterima

“Kami menerima informasi ada satu perahu yang terbalik diterjang ombak tinggi di perairan Agrabinta pada Selasa kemarin, tepat dengan kejadian ombak tinggi di Pantai Ujunggenteng,” kata Asep Jeka kepada awak media, Rabu (29/05/2024).

Jenazah Carwan ditemukan terdampar di Pantai Agrabinta pada Rabu pagi. Begitu juga perahunya. Kabar kecelakaan laut ini sampai ke Ujunggenteng. Menurut Asep Jeka, pihak di Agrabinta pun menghubunginya.

Baca juga:  Kesal Puluhan Tahun Jalan Pajampangan Diabaikan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Dinas UPTD Bina Marga Provinsi di Sukabumi

“Ternyata lokasi musibahnya tidak jauh dari tempat penemuan (jenazah). Saat ini pengurus perahu sedang menuju Cianjur,” ungkapnya.

Sementara keterangan petugas P2BK Ciracap, Kabupaten Sukabumi Dadang Priatna kepada lingkarpena mengatakan, perahu yang ditumpangi Carwan diperkirakan dihantam ombak sekira pukul 02.00 WIB. Dan, jenazah Carwan ditemukan sekira pukul 06.30 WIB di pantai Argabinta Cianjur.

“Sekarang sedang dalam proses pemulasaraan dan akan dibawa ke rumah duka di Indramayu,” ujar Dadang.

Baca juga:  Mobil Travel Terjun Bebas di Turunan Puncak Dini Darma Geopark Ciletuh, 12 Terluka 1 Tewas

Informasi didapat, sesuai dengan E Pas kecil (data perahu) yang disahkan Permenhub No. 39 tahun 2017, perahu yang ditumpangi Carwan berbahan fiberglass, dengan ukuran panjang 12.00 meter dengan lebar 1,35 m x D ( m ) 0.90.

Perahu tersebut dipergunakan sebagai kapal penangkap ikan. Tanda Pas kecil : JWB 5 No. 2535, nama perahu CSM 13, nama pemilik Rizqi Nurtaqwa Ilahi, Peletakan lunas 00/00/2022, diterbitkan di Palabuanratu, 10 Oktober 2023.

Pos terkait