Dansatgas Hanpangan Mayjen TNI A Rizal Ramdhani Kunjungi Kelompok Tani di Sukabumi, Ini Tujuannya

FOTO: Dansatgas Hanpangan TNI AD Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani saat melakukan kunjungan langsung ke kelompok tani penerima manfaat di desa Jayanti Palabuhanratu.| Ndie

LINGKARPENA.ID | Dalam upaya memastikan bantuan alat alat pendukung pertanian di wilayah Kabupaten Sukabumi tepat sasaran, Dansatgas Hanpangan TNI AD Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani lakukan kunjungan langsung ke kelompok tani penerima manfaat di desa Jayanti Palabuhanratu dan desa Loji Kecamatan Simpenan.

Pantauan dilapangan kunjungan guna pemantauan yang dilakukan Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani yang didampingi Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo serta jajarannya berlangsung hingga menjelang malam.

Bantuan peralatan pertanian berupa traktor dan pompa air tersesebut menurut Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani merupakan bantuan dari presiden RI Joko Widodo melalui menteri pertanian semuanya di kabupaten Sukabumi sudah tersampaikan kepada para kelompok tani sebagai penerima manfaat.

“Syukur Alhamdulillah kita lihat bersama disini bahwa traktor dan pompa sudah sampai ditangan poktan dan sudah di operasionalkan dalam keadaan baik,” ungkapnya saat diwawancara, pada Rabu, (29/5) malam.

Baca juga:  Peranan UMKM Dalam Membangun Kemandirian dan Ketahanan Ekonomi Daerah

Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani berharap, kedepannya semua peralatan pertanian yang telah disalurkan tersebut dapat benar benar membantu dan para petani dapat memaksimalkan hasil produk pertanian, tidak hanya di kabupaten Sukabumi namun juga di wilayah Republik Indonesia secara umum.

“Di kampung tegal lega Desa Loji Kecamatan Simpenan saya dengar tadi per hektar kalau bagus panennya bisa sampai 8-9 ton ini luar biasa, tadi juga saya mendengar ada tanam bawang satu hektar hampir mencapai 10 ton ini juga luar biasa,” jelasnya.

“Saya berharap betul dengan hadirnya Pompa ini dan Traktor ini yang tadinya para petani hanya dua kali tanam dalam setahun bisa tiga kali tanam dan tiga kali panen sisanya bisa tanam bawang,” imbuhnya.

Baca juga:  Pemuda Tani Jajaki Kerjasama Pembuatan KTA dan KUR dengan BRI

Mayjen TNI A. Rizal Ramdhani juga berharap dengan kehadiran alat alat tersebut bisa mendukung dan meningkatkan hasil pertanian di wilayah khususnya para para kelompok tani yang ada di wilayah kecamatan Simpenan dan kecamatan Palabuhanratu.

“Otomatis kalau produksinya meningkat kesejahteran para petani pun meningkat. Kami juga ucapkan terimakasih para Bhabinsa sudah melaksanakan pendampingan dengan semangat dari hari kehari membantu dalam proses menyelesaikan permasalahan permasalahan yang dihadapi para petani,” terangnya.

“Iya mulai dari masalah pupuk, masalah bibit, masalah air dan lain sebagainya, mudah mudahan sinergitas antara TNI dengan petani semakin meningkat sehingga adanya kebersamaan menjadi suatu kekuatan yang tangguh untuk bangsa dan negara kita,” sambungnya.

Baca juga:  Usai Menyantap Lontong Sayur, Santri Ponpes Ciambar Alami Keracunan Massal di Sukabumi 

Sementara itu, Ana (50) ketua kelompok tani di desa Loji mengaku bersyukur dan ucapkan terimakasihnya atas bantuan dari presiden RI melalui kementrian pertanian tersebut yang disalurkan oleh jajaran TNI.

Dengan adanya bantuan tersebut, Ana menegaskan bahwa akan sangat membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian, pasalnya membangkitkan semangat mereka dalam mengolah tanah, ataupun persawahan yang selama ini mengandalkan tadah hujan.

“Alhamdulillah terbantu, bantuan ini untuk membangkitkan petani bawang, petani padi kami, harapannya kedepannya pertanian di Tegal Lega Desa loji baik petani bawang maupun padi semakin meningkat,” timpalnya.

“Terimakasih kepada pak presiden dan pak mentri pertanian, pak Kasad yang telah memberikan bantuan mwsin traktor dan pompa air, mudah mudahan dengan bantuan ini dapat meningkatkan hasil pertanian kami,” tandasnya.

Pos terkait