Puluhan Kades Ikuti Bimtek di Grand INA Palabuhanratu

Disela-sela acara Bimtek, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami memasangkan selendang Palestina kepada salah satu Kepala Desa secara simbolis.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Puluhan kepala desa di Kabupaten Sukabumi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kepemimpinan desa di Ballroom Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Selasa, 28 November 2023.

Bimtek ini diadakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan dibuka oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Inspektur Inspektorat, Kadis PMD, DPTR serta undangan lainnya.

Adapun tema utama Bimtek tahun 2023 adalah “meningkatkan kualitas kepemimpinan yang handal dan profesional serta optimalisasi peran dan tugas kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa”.

Baca juga:  Gunung Jayanti Terbakar, Kapolres Sukabumi bersama Dandim Siaga di Sini?

Dalam sambutannya, Marwan Hamami menyatakan bahwa kepala desa sangat strategis dalam menggerakkan pemerintahan desa yang baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta pembangunan yang sesuai dengan RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021-2026.

Marwan meminta kepala desa didorong untuk memahami tugas dan fungsinya dengan lebih baik sesuai dengan tema tersebut.
“Mereka harus menjadi manajer yang cerdas dalam mengelola desa dan mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, sehingga desa bisa maju dan mandiri,” ungkapnya.

Baca juga:  Tingkatkan Kapasitas, 50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ikuti Bimtek di Kota Bandung

Marwan menekankan pentingnya mengelola Anggaran Desa (AD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) secara baik dengan menerapkan pola PDCA yaitu Plan (rencanakan), Do it (kerjakan), Check (cek), dan Act (tindak lanjuti).

” Implementasi proses tersebut harus tetap berada dalam batas kewenangan,” jelasnya.

Sementara itu Surahman panitia pelaksana berharap para kepala desa dapat bekerja sama untuk membangun Kabupaten Sukabumi yang lebih maju, sehingga bimtek peningkatan kapasitas kepemimpinan desa tahun 2023 yang diikuti oleh 84 kepala desa yang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 28 hingga 30 November 2023 ini benar benar bermanfaat.

Baca juga:  Akibat DI Cimandiri Baros Rusak, 185 Hektar Pesawahan di Padabeunghar Sukabumi Terbengkalai

“Harapan kami bahwa Bimtek akan memberi wawasan yang cukup kepada para peserta agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik,” singkatnya.

Pos terkait