Puluhan Mahasiswa IPB Lakukan KKNT di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Para mahasiswa KKNT-IPB saat melakukan bersih-bersih Pantai Palangpang geopark Ciletuh.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Sejumlah Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan KKNT mahasiswa IPB tersebut merupakan bentuk kolaborasi dalam aksi bersih-bersih di kawasan pantai geopark Ciletuh yang dilakukan pada Minggu 2 Juli 2023.

Aksi bersih-bersih pantai ini dilakukan Mahasiswa KKNT-I IPB itu dengan menggandeng perangkat Desa Ciwaru dan  seluruh lapisan masyarakat sekitar hingga pengunjung pantai Palangpang.

Baca juga:  Curug Cimarinjung, Destinasi Unggulan CPUGGp: Antara Legenda dan Panorama

Tujuannya KKNT mahasiswa IPB sendiri dalam rangka mengedukasi kesadaran dan mengajak warga masyarakat untuk peduli serta menjaga kebersihan pantai sebagai aset berharga di bidang Pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

Aksi bersih-bersih pantai mahasiswa KKNT-IPB di pantai Palangpang Ciemas.| ist

Menurut koordinator Desa kelompok KKNT IPB Desa Ciwaru, Rafihanif mengatakan, kegiatan aksi ini diharapkan dapat terus menjaga dan melestarikan kepedulian akan pentingnya kebersihan lingkungan yang berkelanjutan di masyarakat.

Baca juga:  Bersitegang Pilkades Citarik Sukabumi. Kapolres Meminta Semua Berkomitmen Menjaga Kamtibmas

“Sebagai desa yang memiliki potensi wisata melalui pantai dan laut, setiap lapisan masyarakat harus bisa menjaga kebersihan untuk kelestarian wisata. Jadi potensi wisata ini merupakan salah satu faktor penunjang perekonomian masyarakat Ciemas. Jika lingkungannya kotor pasti akan berpengaruh pada pendapatan mereka juga,” tegas Rafihanif.

Dalam kesempatan yang sama, kelompok KKNT IPB Desa Ciwaru juga membagikan poster pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kepada seluruh lapisan masyarakat setempat.

Baca juga:  Serahkan Bantuan Alsintan, Wabup: Pemkab Sukabumi Terus Dorong Produktivitas Pertanian

“Pemasangan poster ini untuk memberi informasi, menghimbau dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pantai,” pungkasnya.**

Pos terkait