SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Gelar Pekan Kreasi Seni dan Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi (kemeja putih) Moh Hasan Asari, M.Pd didampingi Kepala Sekolah SMPN 3 Dudi Jaelani (tengah) dan Pengawas Pembina Rusyandi Sopyani saat meninjau pekan kreasi seni SMPN 3 Kota Sukanumi, Kamis (9/3/23) kemarin.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 3 Kota Sukabumi menggelar pekan kreasi seni dan karya proyek penguatan profil pelajar pancasila tahun 2022-2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Sekolah yang dimulai dari tanggal 8 hingga 9 Maret 2023 kemarin.

Kegiatan kreasi seni ini merupakan salah satu cara untuk membentuk profil pelajar pancasola melalui pengetahuan kreasi dan ekspresi netri. Selain itu kegiatan kreasi seni juga guna menampilkan hasil dari pembelajaran yang berbasis proyek.

Pekan Kreasi Seni SMP Negeri 3 Kota Sukabumi ini dengan tema “Membentuk Profil Pelajar Pancasila Melalui Pengetahuan, Kreasi dan Ekspresi Netrisi”.

Sesi foto bersama bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi.| ist
Sesi foto bersama bareng Kadisdik dan Pengawas serta Kepala Sekolah dan guru-guru SMPN 3.| IST

Kreasi seni SMP Negeri 3 Kota Sukabumi ini diikuti seluruh siswa mulai dari kelas 7, 8 dan kelas 9. Kreasi seni juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi Moh Hasan Asari, M.Pd dan Pengawas Pembina Rusyandi Sopyan, M. Pd,.

“Intinya kegiatan ini sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila. Dan di dalamnya ada pameran hasil karya dari para siswa SMPN 3 yang berbakat dalam menciptakan kreasi,” ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kota Sukabumi, Dudi Jaelani, M. Pd,. kepada Lingkarpena.id Jumat 10 Pebruari 2023.

Baca juga:  Sukabumi Bela Palestina: Ribuan Massa Arasy Tuntut Pemerintah dan DPR RI, Ajak Boikot Produk Israel
Inilah salah satu karya pada pekan kreasi seni siswa SMPN 3 Kota Sukabumi.| ist

Menurut Dudi, sebagai salah satu lembaga Pendidikan, sekolah bertanggung jawab terhadap keberlangsungan generasi manusia yang handal. Sekolah tidak hanya mencetak bakat-bakat yang unggul dalam bidang prestasi akademik, akan tetapi juga berperan dalam mengembangkan sisi non akademik.

“Sekolah harus dapat diyakini sebagai tempat mengekspresikan diri dan salah satu wahana untuk mengembangkan sisi kreativitas peserta didik yang memiliki minat, bakat serta perhatian terhadap kreasi dan seni. Peserta didik diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada setiap jiwa,” turutnya.

Potensi dan Realitas SMPN 3

Melihat potensi dan realitas di atas, SMPN 3 sebagai sekolah Penggerak dengan VISI JUARA telah memberikan perhatian lebih terhadap hal tersebut. Hal itulah yang melatarbelakangi SMPN 3 menyelenggarakan kegiatan PEKAN KREASI SENI 2022/2023 yang telah dilaksanakan 8 dan 9 Maret 2023.

Kegiatan Pekan Kreasi Seni merupakan kegiatan tahunan (program kesiswaan) yang diselenggarakan kembali di SMP Negeri 3 Sukabumi pasca Covid-19.

Kegiatan ini merupakan ajang kreativitas yang digalang oleh SMP Negeri 3 Sukabumi untuk memfasilitasi peserta didik yang memiliki minat dan ketertarikan terhadap seni dan budaya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pekan kreasi tahun ini diiringi dan disemarakan dengan kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Baca juga:  Bersih-bersih Narkoba, Forkopimda Kota Sukabumi Launching Kelurahan Bebas Narkoba

Secara umum tujuan diselenggarakan Pekan Kreasi Seni dan Gelar Karya P5 ini diantaranya, pertama mengembangkan minat, potensi, dan ekspresi peserta didik, kedua, merealisasikan SMPN 3 Kota Sukabumi sebagai Sekolah Penggerak, ketiga mengapresiasi hasil karya peserta didik SMPN 3 Sukabumi dalam bentuk kreativitas, keempat sebagai bentuk realisasi Program Kerja Kesiswaan tahun pelajaran 2022/2023, kelima pengimplementasi hasil pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan keenam sebagai sarana akrabisasi dengan meningkatkan silaturahmi di antara warga sekolah.

Gelar Aksi yang Ditampilkan SMPN 3

Jenis kegiatan Pekan Kreasi Seni kali ini adalah tampilan atau kreasi seni (drama musikal) atau tari-tarian penampilan dari setiap kelas 9 yang merupakan tampilan wajib, pameran hasil karya peserta didik terkait mata pelajaran, Gelar Karya P5 dari kelas 7, tampilan kreasi ekstrakurikuler dan partisipasi kelas 7 dan 8 dengan tampilan berbagai aksi.

Pengetahuan dan eduksi juga disampaikan kepada peserta didik kelas 7 dan 8 dengan adanya lembar aktivitas Pekan Kreasi Seni dimana peserta didik mengisi/menuangkan apa yang telah ditonton dan dimati dalam lembar kerja. Dengan demikian, Pekan Kreasi Seni tahun ini dapat melibatkan partisipasi semua peserta didik.

Baca juga:  31 Calon Jemaah Haji Asal Kota Sukabumi Batal Total, Terkendala Aturan

Perbedaan Pekan Kreasi tahun 2023

Sebagaimana kita tahu SMP Negeri 3 sebagai Sekolah Penggerak, maka Gelar Karya menjadi salah salah satu kegiatan wajib yang harus diselenggarakan. Gelar karya merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai ciri dari Sekolah Penggerak.

Gelar Karya sendiri merupakan puncak akhir sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada peserta didik setelah menempuh pembelajaran proyek. Adapun hasil proyek yang ditampilkan dalam kegiatan P5 diantaranya.

Demikian sekelumit gambaran penyelenggaraan Pekan Kreasi Seni SMPN 3 Kota Sukabumi dapat terlaksana dengan sukses, tertib dan lancar. Oleh karena itu, besar harapan pihak Sekolah bahwa Pekan Kreasi Seni di tahun ini dapat memberikan motivasi dan bagi peserta didik

Diharapkan para siswa untuk terus berkreativitas dan melangkah maju sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. “Seni merupakan suatu wahana yang dapat menjadi jembatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila”.

Pos terkait