Sosialisasikan PPID, Diskominfosan: Wujudkan Pelayanan Informasi Publik yang Lebih Baik

FOTO: Diskominfosan Kabupaten Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi PPID di Aula BKPSDM Sukabumi.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian kabupaten sukabumi menggelar Sosialisasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) dan pengelolaan media sosial kabupaten sukabumi secara virtual kegiatan berlangsung di Aula BKPSDM, Selasa (21/05).

Seperti kita ketahui informasi merupakan kebutuhan pokok untuk pengembangan pribadi dan lingkungannya dan hak memperoleh informasi merupakan asasi manusia dan keterbukaan informasi publik yang merupakan salahsatu ciri penting negara demokrasi yang menjungjung tinggi kedaulatan.

Atas dasar tersebut DKIP melaksanakan sosialisasi dengan tujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan tatakelola pemerintah daerah kabupaten sukabumi yang menjunjung tinggi keterbukaan informasi publik serta meningkatkan pemahaman yang utuh.

Baca juga:  Wabup: Kabupaten Sukabumi siap Terima Kunjungan Wisatawan saat Libur Nataru

Selain itu juga mengenai keterbukaan informasi publik dan meningkatkan sinergitas dan koordinasi antara ppid utama diskominfosan dan ppid pelaksana (seluruh perangkat daerah dan kecamatan).

Kepala diskominfosan Mubtadi latip yang mewakili Sekda Kabupaten Sukabumi menyampikan keterbukaan informasi merupakan suatu keharusan bagi badan publik

“Badan publik harus lebih responsif terhadap masukkan dari masyarakat tentang pelayanan publik,” ujar Mubtadi.

Baca juga:  Jalan Rusak di Panumbangan Jampangtengah Mulai Diperbaiki, Setelah Ini?

Menurutnya keberadaan ppid utama diskominfosan sangat penting dan perlu penguatan serta dukungan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“PPID pelaksana dalam hal ini semua perangkat daerah dan kecamatan harus bersinergis dan berkoordinasi dengan ppid utama diskominfosan untuk menyediakan informasi publik”

“Jika sinergitas dan koordinasi yang baik terbangun antara ppid utama dengan ppid pelaksana dalam penyediaan informasi publik, potensi untuk mengembangkan layanan informasi publik dalam rangka mendorong penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten sukabumi yang berkualitas,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Program KKN STAI AL-Masturiyah di Desa Gunungguruh, Ini Kata Kades

Di tempat yang sama kepala bidang informasi komunikasi publik, hendra setiawan berharap dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi PPID ini bisa menambah wawasan mengenai pentingnya pemahaman peraturan perundang-undangan mengenai keterbukaan informasi publik.

“Dengan wawasan yang baru serta regulasi dan turunannya di harapkan bisa meningkatkan kapasitas sumber daya ppid utama diskominfosan dan ppid pelaksana (seluruh perangkat daerah dan kecamatan),” singkatnya.

Pos terkait