Sampah Liar di Ruas Jalan Provinsi DLH Langsung Bergerak, Begini Tanggapan Forkopimcam Surade

Korwil DLH Jampangkulon saat membersihkan sampah di ruas Jalan Provinsi Cibarehong, Surade-Tegalbuleud.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jampangkulon langsung bergerak bersama “pasukannya” menangani tumpukan sampah yang tercecer ditepi Jalan Provinsi ruas Cibarehong – Tegalbuleud, tepatnya di Kampung Cibarehong TPK, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi,  Selasa (21/05/2024).

Gerak cepat yang dilakukan Korwil DLH Jampangkulon itu bukan lantaran lokasi pembuangan sampah liar tersebut ramai diunggah warga di jejaring Facebook. Menurutnya, lokasi itu sudah ditarget sebelumnya.

“Sampah yang menumpuk di TPK (lokasi sampah – red) dalam pemantauan kita dan akan ditindaklanjuti. Besok lokasi itu pasti steril. Saya juga akan berkoordinasi dengan Pemdes Jagamuktin. Itu sampah liar dan tidak ada retribusi,” jelas Aluh, Korwil DLH Jampangkulon kepada lingkarpena.

Baca juga:  Diduga Sopir Mengantuk, Truk Boks Terguling di Jalan Provinsi Wilayah Pajampangan

Lebih lanjut kata Aluh, target kami hari ini sudah melaksanakan pengangkutan, sehingga lokasi tersebut kembali bersih.

Diakui dia,  bahwa sampah tersebut adalah sampah liar yang dibuang warga yang tidak bertanggungjawab.

Kepala Desa Jagamukti Apay Suyatman saat dihubungi lingkarpena lewat telepon membenarkan kalau lokasi terdapatnya tumpukan sampah adalah wilayah Desa Jagamukti. Namun Apay menyangkal kalau tumpukan sampah tersebut berasal dari warganya.

Baca juga:  Juna di Wilayah Surade Sukabumi, Bentuk Simbolis CDK Bagikan Bibit Tanaman

“Benar itu masuk wilayah Jagamukti, tetapi sampah tersebut bukan dari warga kami. Itu bisa kami buktikan. Saya pernah memergoki beberapa kali ada warga luar yang membuang sampah ke tempat itu, ” jelas Apay.

Dikatakan Apay, pada ramadhan kemarin telah dilakukan pembersihan dilokasi tumpukan sampah tersebut. Bahkan telah dipasang spanduk peringatan. Namun sia sia.

“Saya bersama warga bulan puasa kemarin telah melakukan pembersihan di lokasi itu, bahkan saya pasang spanduk peringatan. Tapi tidak mempan. Masih ada saja warga nakal. Salah satu penyebabnya mungkin karena lokasi itu jauh dari pemukiman dan kumuh,” papar Apay.

Baca juga:  Diduga Proyek Siluman Jalan di Nyalindung Sukabumi, UPTD Bina Marga Provinsi Jabar Angkat Bicara

Sementara Camat Surade U. Suryana menuturkan, dirinya mengapresiasi atas gerak cepat yang dilakukan Korwil DLH Jampangkulon dalam menangani tumpukan sampah tersebut. Dan dikatana dia, kedepannya Pemcam Surade akan melakukan edukasi kepada warga terkait dengan permasalahan sampah.

“Salah satu solusi yang akan segera kami lakukan adalah berkoordinasi dengan pemilik lahan supaya lahan tersebut disiangi dan di pagar. Masalah ini akan dikordinasikan juga dengan para kepada desa,” jelas Suryana.

Pos terkait