Wakil Ketua TIDAR Kabupaten Sukabumi saat menabur benih udang galah di kolam pembudidaya kelompok Barokah Cisarua Farm. | Foto: Istimewa

TIDAR Kabupaten Sukabumi Dorong Sektor Perikanan untuk Pemulihan Ekonomi

KABUPATEN SUKABUMI PERIKANAN

LINGKARPENA.ID – Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Kabupaten Sukabumi terus dorong sektor perikanan di Kabupaten Sukabumi. Guna memulihkan ekonomi, Tidar Sukabumi memberikan bantuan benih Udang Galah sebanyak 100 ribu ekor bagi kelompok pembudidaya ikan Barokah di Desa Wanasari Kecamatan Sukabumi belum lama ini.

Benih Udang Galah diberikan langsung wakil Ketua Tidar Sayyid Agil, di lokasi kelompok budidaya Udang Galah Barokah Cisarua Farm di Kampung Cisarua Girang RT 07/02 Desa Wanasari Kecamatan Sukabumi.

Dengan support bantuan udang galah tersebut, diharapkan para petani ikan dan udang dapat mendongkrak perekonomian dalam bidang sektor perikanan. Bantuan benih udang galah yang diberikan mampu mengembalikan dan memulihkan sektor ekonomi khusus bagi para pembudidaya ikan dan udang di masa pandemi ini.

Baca juga:  Keracunan Massal di Surade Sukabumi, Diduga Ini Penyebabnya!

“Saya ucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Tidar, Kabupaten Sukabumi atas bantuan benih udang galah ini. Tentu ini dapat membantu dan mendongkrak perekonomian warga khususnya kelompok pembudidaya Barokah Cisarua Farm,” ucap Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukabumi Ikbal Purwa, kepada lingkarpena.id, Sabtu, (20/11/2021).

Menurut Ikbal, luas lahan kolam ikan dan udang galah sendiri yang tersedia di kelompok budidaya Barokah Cisarua Farm kurang lebih 1000 meter. Lokasi sudah terletak dan tertata sehingga benih udang galah langsung ditebar di kolam-kolam yang sudah tersedia.

“Tentu dengan adanya bantuan ini, dipastikan dampak positif dari hasilnya nanti dapat meningkatkan penghasilan kelompok. Jadi, pemulihan ekonomi warga di masa pandemi ini bisa terjawab. Ya tinggal pengelolaan yang baik saja. Ini program sangat bermanfaat,” tuturnya.

Baca juga:  UMKM Desa Sukamaju Kembangkan Sektor Perikananan Konsumsi

Sementara itu, wakil ketua Tidar Kabupaten Sukabumi Sayyid Agil menambahkan, bantuan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi baru bagi para pembudidaya ikan maupun udang. Menurutnya, masa pandemi merupakan keterpurukan ampir bagi semua pelaku usaha. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan pelaku usaha bidang perikanan bisa bangkit dan tumbuh kembali.

“Program pembudidayaan udang galah ini dengan tujuan membangkitkan ekonomi baru di masa pandemi. Dengan begitu, para pelaku usaha di bidang perikanan dapat mendongkrak kembali perekonomiannya,” ucap Kader Muda Gerindra ini.

Baca juga:  89 Pasien Keracunan Massal Sembuh, dr. Solitaire: Hasil Lab Dipastikan 10 Hari

Sayyid Agil menambahkan, bantuan udang galah sendiri merupakan support dari BBPBAT Kabupaten Sukabumi. Diharapkan bantuan tersebut dapat memicu dan mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat khusus kelompok pembudidaya ikan dan udang di Kabupaten Sukabumi sendiri.

“Saya berharap BPP dan para penyuluh perikanan dapat terus membantu dalam pengembangan budidaya ikan dan udang ini. Dengan demikian, tujuan semua dalam memulihkan perekonomian masyarakat dalam masa pandemi ini sesuai dengan harapan pemerintah. Masyarakat sejahtera merupakan tujuan utama pemerintah,” tambah Agil.

 

 

 

 

Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan