Tingkatkan Solidaritas dan Solidotas, PD Salimah Kab Sukabumi Gelar Rakor Daerah di Cisaat

Pengurus Daerah PD Persaudaraan Muslimah Kabupaten Sukabumi saat menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi organisasi guna meningkarkan solidaritas dan soliditas di Gedung Islamic Centre Cisaat, Ahad ((28/5/2023).| Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Guna mingkatkan solidaritas dan soliditas Pengurus Daerah Persaudaran Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Sukabumi, menggelar rapat koordinasi (Rakoor) Daerah I, di Gedung Islamik Center, Kecamatan Cisaat, Minggu (28/05/2023).

Ketua PD Salimah Kabupaten Sukabumi, Any Tri Hendarini mengatakan, rakorda I ini, sangat penting dilakukan untuk melakukan konsolidasi dengan Pengurus PC (Pimpinan Cabang) lantaran, pada tahun-tahun sebelumnya terkendala pendemi Covid-19.

Selain itu rakorda dilakukan untuk memaksimalkan aktivitas organisasi Persaudaraan Muslimah. Beberapa tahun lalu rakor hanya dapat dilakukan secara online.

“Untuk itu, dikarenakan tahun ini sudah aman, maka, kami melakukan Rapat Koordinasi tersebut secara offline,” kata Any kepada Lingkarpena.id seusai acara.

Baca juga:  Komitmen Semen Jawa untuk Ikut Membangun Kabupaten dan Kota Sukabumi

Lanjut dia, perlu diketahui Organisasi Masyarakat yang berdiri di Sukabumi sejak 25 Desember tahun 2005 lalu ini, kini sudah memiliki Pimpinan Cabang (PC) yang sudah tersebar di 42 kecamatan dan beberapa pimpinan Ranting yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kalau untuk PC. Alhamdulillah, semuanya sudah lengkap. Hanya saja, untuk ranting kita masih berusaha keras untuk bisa memenuhinya. Fokus dan sasaran kita lebih kepada pemberdayaan perempuan, keluarga dan anak,” bebernya.

Selain itu sambung dia, pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) ini, masih dilakukan untuk membahas dan merancang program PD Salimah Kabupaten Sukabumi pada satu tahun yang akan datang.

Baca juga:  Ramadhan Sehat, BIN Jabar dan IKWI Gandeng PKM Nagrak Gelar Vaksin Booster

“Program unggulan kita ada beberapa, namun yang menjadi prioritas adalah sister atau Sekolah Ibu Terpadu Salimah,” terangnya.

“Nah, pada tahun 2018 lalu kita menargetkan 1.000 SISTER. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik agar dapat memicu semangat pengurus dan anggota Salimah untuk menyebarluaskan kebaikan di Masyarakat,” ungkapnya.

Disinggung wartawan mengenai peranan organisasi dengan pemerintah. Any menjawab, PD Salimah Kabupaten Sukabumi kerap melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi.

Bahkan, pada beberapa tahun lalu, organisasi yang tengah dipimpinnya itu telah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk membantu melakukan akselerasi penurunan stunting di wilayah Kabupaten Sukabumi melalui program Pemberian 1000 Pompa ASI kepada ibu bekerja.

Baca juga:  Dewan Kebudayaan Sukabumi Resmi Dikukuhkan, Ini Kata Wabup Iyos!

“Bahkan, PD Salimah Kabupaten Sukabumi, telah berhasil mendapatkan rekor muri dalam kegiatan tersebut . Jadi di SISTER itu, kami juga berperan untuk pencegahan kasus Stunting dengan memberikan penyuluhan soal kesehatan bayi dan ibu hamil,” jelasnya.

Saya berharap dari Rakor PD Salimah Kabupaten Sukabumi dengan mengambil tema “Meraih Hati, Merakit Potensi untuk Menebar Kebaikan Ditengah Masyarakat” ini, dapat mengajak kepada semua elemen masyarakat, khususnya kalangan perempuan, anak di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Mari bersama-sama menebar kebaikan yang lebih luas. SALIMAH berperan sebagai mediator dan fasilitator kebaikan di masyarakat Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Pos terkait