Truk Masuk Jurang dan Terbakar Hebat di Sukabumi, Begini Nasib Sopir

Dumtruk terbakar hebat usai masuk jurang di Tanjakan Cipeucang Kecamatan Ciemas Sukabumi.| Foto: istimewa

LINGKARPENA.ID | Sebuah kendaraan Truk mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Tanjakan Cipeucang, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (01/11/23) sekira pukul 08.30 WIB pagi.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasi Humanya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, kejadian tersebut melibatkan sebuah kendaraan Dumtruck dengan nomor polisi B 9744 QW yang sedang membawa muatan aspal panas.

“Kecelakaan ini diduga disebabkan adanya kegagalan sistem rem dumtruk tersebut. Namun begitu untuk kepastian penyebabnya masih dalam proses penyelidikan petugas,” jelas Aah kepada awak media dikantor Rabu (1/11/2023).

“Akibat dugaan rem yang blong itu menyebabkan kendaraan terguling dan jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman sekitar 6 meter. Truk mengalami kebakaran hebat, ” sambungnya.

Baca juga:  Kecelakaan Renggut 3 Nyawa di Sukabumi, Ini Pengakuan Sementara Pengemudi Xpander

Kemudia, lanjut Aah, pengemudi kendaraan dengan inisial “A.S.” (24 Juli 1986, Karyawan Swasta, alamat: Kp. Munjul Rt.02/05, Desa Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor), mengalami luka ringan akibat insiden ini.

Sementara itu, penumpang kendaraan yang kami identifikasi hanya dengan inisial “A.H.” (27 Februari 1979, Wiraswasta, alamat: Bogor Krajan Rt. 04/04, Desa Bojong, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali), mengalami luka bakar serius karena tumpahan aspal panas.

Baca juga:  Audiensi Bersama Komisi II DPRD, FPP Palabuhanratu Walk Out dan Tuntut GM PLTU Mundur

Aah menerangkan Kronologis kecelakaan ini terjadi ketika Dumtruck milik salah satu perusahaan yang dikemudikan oleh A.S. dan mengangkut muatan aspal panas, sedang dalam perjalanan dari Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, menuju wilayah Kp. Nangkaleah, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

“Kurang lebih pada pukul 08.30 WIB, tepatnya di Jalan Raya Tanjakan/Turunan Cipeucang, Kp. Rancagenjer, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, kendaraan tersebut mengalami kegagalan rem yang mengakibatkan tergulingnya kendaraan dan jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman sekitar 6 meter,” lanjutnya.

Upaya pemadaman api berhasil dilakukan dengan bantuan satu unit kendaraan pemadam kebakaran dari unit Ciemas. Selanjutnya, kedua korban dievakuasi ke Puskemas Tamanjaya untuk mendapatkan tindakan medis yang diperlukan.

Baca juga:  Soal Kebakaran Rumah Sang Nenek, Ini Kata Kapolsek Curugkembar

Kejadian ini juga mengungkapkan masalah serius terkait kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di Jalan Raya Tanjakan/Turunan Cipeucang, Desa Mekarsakti.

Kondisi jalan yang tajam dan berkelok-kelok menjadi faktor penyebab yang signifikan, sementara adanya dugaan kegagalan sistem rem pada kendaraan menambah kompleksitas situasi.

Kendaraan yang terlibat masih berada di tempat kejadian, dan kasus ini telah diserahkan ke Unit Laka Lantas Polres Sukabumi untuk penanganan lebih lanjut.

Pos terkait