Rangkaian Hari Bhakti PU ke 78 Tahun, Pasukan Kuning Turun Bersihkan Sungai Ciraden

Bhakti sosial Dinas PU Kabupaten Sukabumi di daerah Irigasi Ciraden, Kecamatan Cisaat Sukabumi.| Foto: istimewa

LINGKARPENA.ID | Rangkaian Hari Bakti Bakti PU ke-78 Turun 2023, sejumlah petugas melakukan bakti sosial dengan cara bersih-bersih sampah di Daerah Irigasi Ciraden, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 1 November 2023.

Sebanyak 120 orang personil Dinas PU dibantu warga sekitar melakukan bersih-bersih sampah di aliran Irigasi sungai Ciraden sepanjang 1 kilometer.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabum, Asep Japar mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti PU ke-78 yang diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Baca juga:  Cara Pemdes Cikadu Bagikan BLT DD di Masa Pandemi

“Ya hari ini, tanggal 1 November 2023 keluarga besar Dinas PU melakukan kegiatan bersih-bersih Irigasi disesuaikan dengan kewenangan yaitu irigasi Ciraden,” ujar Asjap kepada wartawan.

Selain itu, Asep Japar yang akrab disapa Asjap ini menyebut, isu yang terjadi di tingkat nasional saat ini soal sampah. Mka dari itu untuk Dinas PU Kabupaten Sukabumi beserta jajaran berinisiatif melakukan bersih-bersih Irigasi Ciraden.

“Ya dimana nanti datang musim hujan, irigasi yang ada di wilayah ini tidak terganggu dengan gununang sampah yang terbawa air dari hulu ke hilir. Kami berharap masyarakat sekitar pun saling menjaga dan memelihara serta kepedulian masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” tandasnya.

Baca juga:  Bersama Forkopimda, Dandim 0607 Kota Sukabumi Ikuti Bhakti Sosial Penanaman 10 Juta Pohon

“Pesan saya jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya. Itu supaya tidak berdampak buruk.
Mengapa demikian, nantinya kan bisa menyebabkan tersumbatnya saluran Irigasi, terjadi penumpukan sampah sehingga mengakibatkan banjir,” imbuhnya.

Selain itu Asjap juga turut memberikan informasi, rangkaian kegiatan di hari bhakti PU Kabupaten Sukabumi kepada masyarakat luas di Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:  Wabup Bareng Dinas Perikanan Ikut Donor Darah

“Catat tanggal dan waktunya ya. Rangkaian kegiatan Hari Bakti PU ke-78 selain Bakti Sosial pembersihan saluran Daerah Irigasi, juga akan ada Mancing Babarengan Sadulur Urang Lembur, Peresmian Jalan, Jembatan, Jalan Santai dan Puncaknya nanti Upacara Peringatan Hari Bakti PU ke-78,” pungkasnya.

Pos terkait