Warga Jampang Tengah, Bakal Sumbangkan Darah Ke UTD PMI Kabupaten Sukabumi

Muspika dan Unit Cabang PMI Jampang Tengah saat menggelar sosialisasi di Aula Desa Sindang Resmi, Selasa (23/8/22).| dok Lingkarpena.id

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Jampang Tengah, mengajak masyarakat agar melakukan kegiatan kemanusiaan dengan memberikan donor darah secara sukarela. Hal itu guna memenuhi ketersediaan darah di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Cabang Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut diungkapkan Camat Jampangtengah Suryana, saat melakukan sosialisasi donor darah bersama pengurus PMI Unit Kecamatan Jampangtengah, yang bertempat di Kantor Aula Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Selasa (23/8/22).

Baca juga:  Kurang Antusias, Donor Darah di Desa Pasirbaru Sepi Pendaftar
Perangkat Desa dan warga antusias mengikuti sosialisasi donor darah.| dok lingkarpena.id

“Tugas pokok fungsi (tupoksi) PMI unit Kecamatan Jampang Tengah diantaranya adalah untuk membantu pengurus UTD PMI Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi donor darah dan mencari calon pendonor darah baik secara perorangan atau kelompok komunitas,” kata Suryana kepada Lingkarpena.id, dilokasi.

Lanjut dia, di wilayah Kecamatan terdapat pabrik, sekolah dan desa. Nantinya unit PMI tingkat Kecamatan yang akan mempromosikan serta mensosialisasikan manfaat donor darah bagi masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya.

Baca juga:  Sekda Ade, Gelar Rapat Evaluasi P2WKSS di Sukaraja

“Ya donor darah ini selain untuk kemanusiaan juga salah satu perbuatan ibadah dan memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Di sisi lain dapat mengedukasi kepada masyarakat tentang kesehatan kita,” jelasnya.

Masih kata Suryana, salah satu contoh, hari ini unit PMI tingkat Kecamatan menggelar sosialisasi donor darah di kantor Desa Sidang Resmi. Hasilnya warga memahami dan mengerti tentang manfaat donor darah, sontak mereka pun ingin mendonorkan darahnya.

Baca juga:  Paguyuban Pasundan Berbagi: Santuni Yatim dan Jompo di Cianjur

“Pengurus PMI tingkat Kecamatan Jampang Tengah langsung berkoordinasi dengan UTD PMI Cabang Kabupaten Sukabumi, untuk meminta jadwal kegiatan donor darah,” ucapnya.

Alhasil tambah Suryana, “Selasa depan (30/08/22), sudah disepakati akan dilaksanakan kegiatan donor darah sukarela yang bertempat di Kantor Desa Sidang Resmi, Kecamatan Jampang Tengah, dengan asumsi peserta donor tidak kurang dari 100 orang,” pungkasnya.

Pos terkait