Sumbang Darah: Wabup, “Badan Bugar Pasca Mendonorkan Darah”

Wakil Bupati Iyos Somantri saat menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darah.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, meninjau kegiatan donor darah yang digagas oleh Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Sukabumi di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) setempat pada Rabu, 12 Juli 2023 kemarin.

Terlihat dalam kegiatan tersebut, H. Iyos turut mendonorkan darah.

H. Iyos mengatakan bahwa berdonor darah tidaklah menakutkan. Bahkan, dirinya merasakan tubuhnya menjadi lebih bugar setelah mendonorkan darah.

“Tidak ada kendala pasca donor darah ini, malahan badan jadi terasa lebih enak dan ringan,” ujarnya.

Maka dari itu, dirinya mengajak masyarakat untuk turut serta menyumbangkan darah mereka. Sebab, kegiatan berdonor darah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, darah yang didonorkan dapat digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkannya.

Baca juga:  Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Umum, Endang Hasirin: Tidak ada Penolakan Warga Sekitar

“Ayo, masyarakat, mari berdonor. Selain beramal, juga baik untuk kesehatan tubuh,” ucapnya.

Bahkan, dirinya memuji tindakan yang dilakukan oleh Perwosi Kabupaten Sukabumi. Hal ini merupakan sikap kemanusiaan yang patut dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ini adalah niat baik yang harus dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Perwosi Kabupaten Sukabumi, Tika Rustika Iyos Somantri, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT ke-56 Perwosi. Ia menargetkan terkumpulnya 100 labu darah dalam aksi sosial tersebut.

Baca juga:  Syarif Hidayat, Kader Partai Gerindra berbagi Santunan dan Takjil Jelang Bukber

“Ini adalah rangkaian menuju acara puncak peringatan HUT Perwosi yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Juni atau Agustus. Target kami adalah 100 labu darah dalam kegiatan ini, namun sepertinya akan melebihi target,” ungkapnya.

Terlebih lagi, peserta donor darah sangatlah banyak, baik dari kalangan pemerintah maupun masyarakat.

“Semua terlibat, sehingga pesertanya sangat banyak, Alhamdulillah,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia berharap aksi sosial tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Meskipun hanya sejumput darah, semoga bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya,” harapnya.

Baca juga:  Wabup Iyos Bersama Bappelitbangda Tegaskan Peran Phentahelix dalam Percepatan Penurunan Stunting di Sukabumi

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito, bersyukur atas adanya kegiatan donor darah seperti ini. Kegiatan semacam ini akan berkelanjutan dan membantu menjaga stok darah di Kabupaten Sukabumi.

“Kami berterima kasih atas kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Perwosi ini. Kegiatan ini membantu kami dalam menjaga stok darah,” ujarnya.

Terkait stok darah itu sendiri, menurutnya, cukup melimpah untuk saat ini. Apalagi, kesadaran masyarakat dalam berdonor darah relatif meningkat.

“Stok darah relatif mencukupi. Bahkan, saat ini terdapat lebih dari 500 labu darah,” pungkasnya.

Pos terkait