Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengapresiasi vaksinasi Suku Baduy disampaikan di sela-sela kegiatan resesnya di Jawa Timur, Jumat (15/10/2021). [Foto: Ist]

200 Warga Suku Baduy Dapat Suntikan Vaksin, Ketua DPD RI: Semua Punya Hak Setara

NASIONAL

Lingkarpena.id, SURABAYA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengapresiasi vaksinasi untuk masyarakat adat Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten. Menurut LaNyalla, semua masyarakat memiliki hak setara tanpa memandang latar belakang apapun.

LaNyalla menilai, pemberian suntikan vaksin untuk Suku Baduy tersebut menunjukkan jika pemerintah telah berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh rakyat.

Baca juga:  Vaksinasi Massal di Pasar Semi Modern Cibadak Tingkatkan Kekebalan Terhadap Covid-19

“Vaksinasi terhadap Suku Baduy ini membuktikan bahwa pemerintah telah memberikan hak dan pelayanan yang sama kepada setiap warga negara tanpa membeda-bedakan suku, budaya, golongan maupun agama,” kata LaNyalla di sela-sela kegiatan resesnya di Jawa Timur, Jumat (15/10/2021).

Baca juga:
Dua Jenderal Hadiri Percepatan Herd Immunity, Serbuan Vaksinasi Sasar 15.000 Warga Banyuwangi

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, selama ini masyarakat adat merupakan kelompok yang sulit dijangkau untuk mendapatkan program vaksinasi. Sebab, selain keberadaan di tempat terpencil, biasanya ada banyak aturan adat yang harus dilalui sebelum bisa mensosialisasikan program vaksinasi tersebut.

Baca juga:  Polsek Kebonpedes Gelar Operasi Yustisi Gabungan, 12 Terjaring dan Vaksin Ditempat

“Masyarakat adat, merupakan masyarakat yang sulit dijangkau dalam program vaksinasi. Kita patut bersyukur pemerintah telah mampu menjangkau masyarakat adat Baduy untuk program vaksinasi,” ujar LaNyalla.

Menurut LaNyalla, pemberian vaksinasi untuk masyarakat Baduy adalah langkah yang tepat. Sebab, warga Baduy dalam kesehariannya banyak yang beraktivitas keluar desanya. Bahkan mereka berjalan kaki ke daerah perkotaan seperti Jakarta untuk berjualan produk-produk khas Baduy.

Tinggalkan Balasan