Kondisi rumah Ujun di Kampung Serongan Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, pasca terbakar. [Foto: Ist]

Rumah Kakek Ludes Terbakar di Cibitung Sukabumi, Ini Penyebabnya!

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten Sukabumi – Rumah Kakek Ujun (78) warga Serongan RT 27/04 Desa Talagamurni Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi ludes dilalap si jago merah. Peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu 18 Agustus 2021 sekira pukul 16:30 WIB.

Api diduga dari Zipo jadul milik sang Kakek saat membakar rokok di dalam rumahnya. Diduga sang Kakek lupa, bahwa Zipo masih menyala saat ia usai menyulut rokok, kemudian ditaruh diatas meja yang terbuat dari bahan kayu yang sudah lapuk. Saat Ujun, keluar rumah dilihatnya api sudah menjalar membakar bagian dalam rumah miliknya.

Baca juga:
Rumah di Cikidang Sukabumi Hangus Terbakar, Saat Pemilik Antarkan Mertua

Kepala Desa Talagamurni, Chefi Hikmat Ramadhan membenarkan bahwa sudah terjadi peristiwa kebakaran yang dialami oleh warganya. Rumah semi permanen yang berukuran 8×5 meter persegi tersebut, hangus terbakar dan tidak bisa terselamatkan. Kata Chefi, lokasi kebakaran memang sulit dijangkau pemadam kebakaran. Selain itu, disekitar lokasi tidak terdapat sumber air sehingga masyarakat tidak bisa memadamkan api.

“Betul kebakaran terjadi sore tadi akibat sang Kakek lalai, maklum kondisinya sudah tua. Selain itu, lokasi kebakaran menyulitkan petugas untuk mengevakuasi api. Jarak dari jalan kurang lebih 50 meter, masuk jalan gang,” kata Chefi kepada lingkarpena.id Rabu, 18/8/2021) malam.

Baca juga:
Rumah Ludes Terbakar di Pabuaran Sukabumi, Api Diduga dari Kompor

Ditambahkan Chefi, warga masyarakat sudah berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, karena rumah terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api sangat sulit untuk dipadamkan dan terus menjalar sehingga menghanguskan rumah milik Ujun tersebut.

“Untuk korban jiwa alhamdulillah tidak ada, karena pada saat kondisi rumah terbakar pemilik rumah sedang berada di luar. Kerugian materi yang dialami akibat kebakaran itu, hasil dari estimasi kami mencapai 24.800.000. Rupiah,” terang Chefi.

 

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan