Petugas relawan bencana saat mengevakuasi pohon di ruas jalan utama Parakansalak. | Foto: Istimewa

4 Warung Tertimpa Kayu, Pohon Menutup Ruas Jalan Utama Parakansalak Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

LINGKARPENA.ID – Bencana angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi, pada Jumat (07/01/2022) sekitar pukul 15:00 WIB sore tadi.

Akibatnya sebuah pohon besar tumbang, menimpa 4 bangunan warung milik warga dan menutup ruas jalan utama di Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi.

Peristiwa tumbangnya pohon yang disebabkan angin kencang terjadi di Kampung Kebon Muncang RT 02/03 Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak.

Baca juga:  PPKM di Daerah, Ini yang Dilakukan Kades Tegallega Lengkong Sukabumi

“Kejadian ini begitu cepat. Angin kencang tadi terjadi sekitar pukul 15:00 WIB, sehingga satu pohon besar roboh melintang di ruas jalan utama serta menimpa 4 warung milik warga sekitar,” ucap P2BK Parakansalak, Jujun Juaeni, dalam laporannya yang disampaikan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Jumat (07/01/2022 sore.

Atas kejadian tersebut, petugas penanggulangan bencana kecamatan segera melakukan koordinasi dan asesmen ke lokasi kejadian bersama relawan BPBD serta unsur muspika dibantu relawan warga guna evakuasi pohon tersebut.

Baca juga:  Pemdes Bojongkerta Realisasikan Bankeu Jabar Rehab Aula

“Tim relawan bersama-sama langsung evakuasi pohon dengan menggunakan alat gergaji mesin. Jalan bisa kembali normal setelah dilakukan evakuasi pohon. Lalulintas tadi sempat terhadang sebelum pohon evakuasi. Posisinya melintang di jalan utama,” terang Jujun.

Berkat bantuan unsur relawan dan petugas lainnya pohon tersebut bisa teratasi. Lalulintas kembali normal untuk menuju arah Parungkuda maupun sebaliknya.

Baca juga:  Anak Penderita Hidrosefalus Butuh Penanganan Cepat, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara

“Keempat warung yang tertimpa pohon merupakan warung milik Ujang, Hadi, Yudi dan Acay. Kerugian atas kerusakan yang ditimbulkan karena pohon tumbang, masih dalam tafsiran pemdes setempat,” pungkasnya.(***)

Tinggalkan Balasan