Debit Air Meluap, Terjadi Longsor dan Menimpa Rumah Warga Kadudampit Sukabumi

Petugas saat melakukan pengecekan lokasi rumah warga Cipetir Tengah, Kadudampit yang terkena longsoran material tanah.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Bencana alam tanah longsor terjadi dan menimpa rumah warga Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa 8 Agustus 2023.

Peristiwa bencana tersebut terjadi sekitar pukul 12.30 wib tepatnya di Kampung Cipetir Tengah, RT 11/04 Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit.

Berdasarkan laporan dari petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Kadudampit, yang disampaikan Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sukabumi menyampaikan, longsor disebabkan oleh debit air kali yang meluap di kawasan tersebut.

Baca juga:  Permintaannya Ditolak, Anak di Sukabumi Tega Bunuh Ibu Kandungnya?

Akibat dari kejadian itu, rumah milik Bu Eti yang dihuni oleh 3 jiwa pada bagian dapurnya tertimpa material longsoran tanah.

“Hujan yang terjadi di hulu Kadudampit membuat kali di kawasan Cipetir Tengah ini meluap. Kemudian terjadi longsor dan menimpa dapur milik bu Eti,” terangnya.

Material longsor menyebabkan sebagian bangunan rumah dan alat-alat dapur, peralatan tidur serta beberapa logistik rusak.

Baca juga:  Ketua PGRI: Kami Ingin Aparat Desa Minta Maaf Lewat Video

Petugas dan Muspika Kecamatan Kadudampit serta pemerintah desa Sukamaju, segera melakukan asessment ke lokasi tersebut.

“Kami dengan dibantu warga masyarakat setempatbergotong-royong membersihkan material longsor serta puing-puing di lokasi,” tambahnya.

Petugas juga selain melakukan evakuasi material longsoran tanah juga turut memberikan himbauan kepada warga masyarakat lainnya agar meningkatkan kewaspadaan.

Pos terkait