Diskusi Pertanian, FDSI dan SMSI Sukabumi Raya Hadirkan Ayep Zaki

LINGKARPENA.ID | Focus Group Discussion (FGD) dan Ngopi Bareung kembali digelar Forum Diskusi Sinergi Indonesia (FDSI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sukabumi Raya, pada Senin, 8 Januari 2024.

Diskusi tersebut dengan mengusung tema: “Optimalisasi Potensi Pertanian dan UKM untuk membangun Kemandirian Pangan dan Memajukan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Sukabumi”. Kegiatan yang diisi bersama Tokoh Pertanian sekaligus Caleg DPR RI Dapil Jabar IV yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi, Ayep Zaki.

Ketua SMSI Sukabumi Raya, Eman Sulaeman alias Kang Sule mengatakan, FGD sendiri berlangsung bukan kali pertama dilaksanakan. Kegiatan sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menguliti dan menggali potensi dari para tokoh ternama untuk pembangunan Sukabumi ke depan.

Baca juga:  Minimalisir TPPO di Sukabumi, BP2MI Gandeng FDSI Gelar Sosialisasi

“Ucapan terimakasih kepada FDSI yang telah menginisiaasi kegiatan FGD ini. Dan kebetulan untuk narasumber kali ini yakni Bapak H. Ayep Zaki, salah satu Tokoh Pertanian dan Pendidikan di Sukabumi,” ujarnya.

CEO PT. Media Jurnal Sukabumi ini juga mengaku, agenda ini akan terus berlanjut untuk menguliti para tokoh di berbagai latar belakang sejauh mana untuk pembangunan Sukabumi ke depan. Karenanya kata Kang Sule, SMSI bukan hanya sebatas corong media informasi saja, tetapi berharap menjadi sebuah lembaga yang mensinergiskan hingga menyolidkan beberapa tokoh potensial dan bergagasan visioner untuk Sukabumi.

Momen foto bersama.| ist

“Bapak Ayep Zaki tadi sudah membahas segudang visi misi ke depan dalam menopang peningkatan pertanian, UKM hingga pendidikan di Sukabumi. Bahkan, semua itu sudah ia laksanakan demi kemanjuan Sukabumi,” kata Kang Sule.

Baca juga:  Ayep Zaki; Sinyal Awal bersama PAN untuk Pilkada Sukabumi

Sementara itu, Narasumber FGD, Ayep Zaki menjelaskan, seabrek inovasi yang dilakukannya selama ini sebagai komitmen untuk membangun ekonomi masyarakat dari sektor pertanian demi ketahanan pangan di berbagai pelosok Indonesia khususnya di Sukabumi.

Kali ini, Ayep yang juga Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem ini menyebut, tiga kunci pertanian unggul yang bisa dikembangkan yakni memiliki bibit terbaik, pupuk terbaik dan hasil diambil oleh negara.

“Off taker atau pembeli pascapanen memang kerap jadi kendala petani kita di banyak tempat di Indonesia. Ini memang menjadi pekerjaan rumah bersama. Saat panen harga turun itu seperti momok yang menakutkan petani. Saya juga akan fokus menyelesaikan persoalan ini, agar petani tidak terus-terusan dibayangi rasa takut gagal jual hasil panen,” tegas Caleg DPR RI dari Partai Nasdem No. Urut 01 ini.

Baca juga:  Diduga Ada Pemeluk Agama Baru, Sontak Hebohkan Warga Kebonpedes

Dalam kesempatan ini, peserta FGD dihadiri langsung oleh jajaran pengurus dan anggota SMSI Sukabumi Raya yang sekaligus merupakan para pemilik media siber di Sukabumi. Diisi pula dengan diskusi yang tak kalah menarik yakni pembahasan seputar Pertanian, UKM, Pendidikan dan lain sebagainya.**

Pos terkait