DPRD Kabupaten Sukabumi, Gelar Rapat Paripurna Ke-28

DPRD Kabupaten Sukabumi, Gelar Rapat Paripurna Ke-28 di Gedung DPRD Jalan Jajaway Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (17/10/2022). Foto:Istimewa

LINGKARPENA.ID I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Paripurna yang Ke-28, acara berlangsung di Gedung DPRD Jalan Jajaway Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (17/10/2022).

Berdasarkan hasil Rapat Badan Musyawarah DPRD bersama dengan Pemerintah Daerah pada (10/10 /2022) bahwa agenda Rapat Paripurna Dewan hari ini, diantaranya Penyampaian Keputusan Pimpinan DPRD tentang Penyesuaian dan Penyempurnaan Hasil Evaluasi Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022; dan penyampaian nota pengantar/Penjelasan Bupati mengenai Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dipimpin oleh Ketua DPRD Yudha Sukmagara, didampingi Wakil Ketua I DPRD Budi Azhar Mutawali, Wakil Ketua II M. Sodikin, Wakil Ketua III Yudi Suryadikrama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, serta dihadiri unsur Forkopimda, Para Anggota DPRD dan Pemda Kabupaten Sukabumi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa berdasarkan amanat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 903/Kep.610-BPKAD/2022 Tanggal 5 Oktober 2022 tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sukabumi tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dan Rancangan Peraturan Bupati Sukabumi tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022, DPRD melalui Rapat Gabungan Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada tanggal 14 Oktober 2022, telah melakukan pembahasan dan kajian dalam rangka penyempurnaan dan penyesuaian serta perbaikan Raperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022, secara umum mulai dari Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah telah mengalami penyesuaian dan penyempurnaan sebagaimana amanat hasil evaluasi Gubernur tersebut.

Baca juga:  Berdirinya Batching Plant di Sagaranten Kondisi Infrastruktur Dikeluhkan, Ini Kata Kadis PU

Selanjutnya berpedoman pada Pasal 184 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Pasal 15 Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Tertib, bahwa hasil pembahasan, penyempurnaan dan penyesuaian Perubahan APBD, ditetapkan dengan Keputusan Pimpinan DPRD, untuk dijadikan dasar penetapan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD, dan Keputusan Pimpinan DPRD dilaporkan pada Sidang Rapat Paripurna berikutnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka pada Rapat Paripurna DPRD hari ini, kami sampaikan Laporan Badan Anggaran DPRD yang disampaikan langsung oleh kepada Pimpinan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi M. SODIKIN, ST. dan Keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi tentang Persetujuan Penyesuaian dan Penyempurnaan Terhadap Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Barat atas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dan Rancangan Peraturan Bupati Sukabumi tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 yang disampaikan oleh Sekretaris DPRD Lina Evelin Marlina.

Baca juga:  Kepsek SMPN 1 Lengkong: Pekerjaan RKB oleh CV Hasilnya Maksimal

Acara selanjutnya, penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama sekaligus Penyerahan Keputusan Pimpinan DPRD tentang Persetujuan Penyesuaian dan Penyempurnaan Hasil Evaluasi Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022. Yang ditandatangani oleh Bupati dan Wakil Bupati serta Pimpinan DPRD.

“Kami berharap dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 tersebut, sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan, Pemerintah Daerah dan SKPD telah dapat menetapkan DPA-SKPD sesuai Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 yang telah disepakati dan sesuai dengan hasil Evaluasi Gubernur, serta untuk segera melaksanakan program kegiatan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai aturan perundang-undangan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara kepada wartawan.

Selain itu sambung dia, pihaknya mengucapan terima kasih kepada Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beserta Perangkat Daerah yang telah bekerja dalam menyelesaikan penyempurnaan dan penyesuaian Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 ini, semoga menjadi amal ibadah kita semua di sisi Allah Subhanahuwata’ala, amin yang robal’alamin.

Baca juga:  DKP Jabar Berikan 2 Ton Beras Korban Bencana Pergeseran Tanah di Nyalindung Sukabumi, Dalam Waktu Dekat

Acara selanjutnya yaitu Penyampaian Pendapat Akhir Bupati terhadap Keputusan Pimpinan DPRD tentang Hasil Evaluasi Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 dan Penyampaian Nota Pengantar/Penjelasan Bupati mengenai Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023, yang disampaikan oleh Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri.

Selanjutnya sesuai dengan tahapan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah, yang diatur dalam Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Sukabumi, setelah acara penyampaian Nota Pengantar/Penjelasan Bupati, dilanjutkan dengan Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD di dalam Rapat Paripurna, yang akan disampaikan pada hari Selasa besok, tanggal 18 Oktober 2022, untuk itu Pimpinan DPRD mengingatkan kepada Fraksi-Fraksi DPRD, untuk segera menyusun dan mempersiapkan Pandangan Umum Fraksi DPRD tersebut, agar dapat disampaikan pada waktunya.

Akhirnya dengan mengucapkan Hamdallah secara bersama, setelah sebelumnya pimpinan rapat paripurna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Pimpinan dan Anggota Dewan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta Para Undangan lainnya yang telah hadir dan mengikuti dengan seksama jalannya Rapat Paripurna Dewan ini, agenda acara rapat paripurna pada hari ini Senin 17 Oktober 2022 secara resmi ditutup.” pungkasnya.

Pos terkait