Forkopimda Kota Sukabumi Bersama 18 Parpol, Tandatangani Empat Kesepekatan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Forkopimda dan 18 partai politik saat melakukan deklarasi pemilu damai tahun 2024 di Aula Makodim 0607 Kota Sukabumi.| Foto: Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi bersama 18 partai politik melakukan Deklarasi Pemilu Damai, Senin (6/11/2023).

Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai berlangsung di Makodim 0607 Kota Sukabumi. Turut hadiri dalam kesempatan itu Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, Kodim 0607, Polres Sukabumi Kota, Kejaksaan Negeri, KPU, Bawaslu, unsur ulama, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyampaikan komitmennya untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif mulai dari tahapan pelaksanaan hingga pasca pemilu.

Forkopimda Kota Sukabumi saat melakukan deklarasi pemilu damai 2024 di Makodim 0607.| Foto: Azis Ramdhani

“Jadi kita itu damai dari perencanaan, sekarang sudah mulai tahapannya nanti pada saat pelaksanaan pemilu pilkada, pileg, pilpres sekaligus dan nanti pasca pemilihan itu,” kata Kusmana kepada Lingkarpena.id seusai acara.

Baca juga:  Kepala Kemenag Kota Sukabumi Berikan Hak Pilihnya di TPS 16 Cikundul

Selain itu lanjut Kusmana, pihaknya pun telah menyiapkan anggaran hibah untuk Pemilu 2024 sebesar 40 persen dari APBD Kota Sukabumi tahun 2023.

“Anggaran hibah, Alhamdulillah kita sudah menyiapkan kewajiban untuk memberikan 40 persen dari ketentuan yang sudah kita sepakati antara kita, Bawaslu, dan KPU,” bebernya.

Disingung wartawa terkait dengan masih kosongnya posisi komisioner KPU Kota Sukabumi saat ini, Kusmana menjawab bahwa hal tersebut tidak akan menggangu kondusifitas menjelang Pemilu 2024.

Baca juga:  Gadis Belia di Sukabumi Jadi Korban sang Duda, Begini Kronologinya

“Tidak karena nanti kelihatannya segera akan kita inikan. Nanti informasi lebih lanjut terkait komisioner KPU,” pungkas Pj Wali Kota Sukabumi mengakhiri wawancara.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Yudhi Hariyanto mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 400 pasukan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan membantu pengamanan.

“Jadi sebetulnya leading sektor kewenangannya melaksanankan pengamanan itu dari Polri. Sedangkan dari TNI sifatnya hanya membantu. Untuk mekanismenya sudah diatur. Untuk Kodim ini kita siapkan 400 orang, termasuk dari Koramil dan Makodim juga,” cetusnya.

Adapun isi kesepakatan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 yang ditandatangani 18 partai politik dan Forkopimda Kota Sukabumi antara lain:

Baca juga:  Wabup Iyos Tinjau Monev Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Jampang Tengah

1. Akan Melaksanakan Pemilu Tahun 2024 Yang Damai dan Kondusif untuk Mewujudkan Demokrasi yang Bermartabat.

2. Akan Mematuhi dan Mentaati Segala Bentuk Peraturan dan Ketentuan yang Berlaku serta Menyelesaikan Permasalahan Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan koridor Hukum.

3. Menolak Upaya-upaya yang Dapat Menimbulkan Perpecahan di Masyarakat yang Bersifat Provokatif, Menghasut, Ujaran Kebencian Serta Menggunakan Isu SARA di dalam Pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

4. Akan Menciptakan Situasi dan Kondisi tetap Kondusif di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota.

Pos terkait