Tim P4GN Kabupaten Sukabumi Razia THM di Palabuhanratu, Ini Hasilnya?

Dipimpin Ketua BNNK Sukabumi, Tim P4GN saat menggelar konferensi pers terkait razia THM soal penyalahgunaan narkotika di tempat hiburan malam.| Foto: istimewa

LINGKARPENA.ID | Tim Terpadu P4GN Kabupaten Sukabumi bersama masyarakat dan civitas akademi melakukan penyisiran ke Tempat Hiburan Malam (THM) untuk pengunjung diperiksa tes urine di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Diketahui pelaksanaan kegiatan penyisiran THM dilaksanakan pada Sabtu 4 November 2023 kemarin. TIM P4GN Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari BNNK bersama instansi penegak hukum melakukan tes urine kepada 14 pengunjung THM. Alhasil, terdapat satu orang dinyatakan positif menyalahgunakan narkoba.

Kepala BNNK Sukabumi, Retno Daru Dewi, mengatakan beberapa lokasi THM yang dirazia oleh tim terpadu P4GN Kabupaten Sukabumi yakni Bayu Amarta, Cek Ombak, dan Puri. Hal ini dilakukan untuk meninjau peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjelang akhir tahun 2023.

“Iya, kegiatan ini bertujuan untuk menjawab keresahan masyarakat seperti yang disampaikan pada audiensi antara kita dengan tim gabungan, maka diusulkan kegiatan razia dalam rangka mengejar Sukabumi Bersih Narkoba “SI-BENAR” atas rekomendasi dari hasil Audiensi dengan Laskar Fisabilillah,” kata Retno dalam konferensi pers di kantor BNNK Sukabumi, Senin (6/11/2023).

Baca juga:  Permudah Kecepatan Layanan, Sekda: Kita Pertahankan UHC BPJS Kesehatan

Lanjut dia, para terduga pelaku yang diamankan saat kegiatan tes urine narkoba, saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh pihaknya. Proses pemeriksaan ini bertujuan untuk mengungkap peran mereka dalam peredaran narkotika, serta menemukan informasi mengenai para pemasok narkotika tersebut.

“Selain menekankan tindakan penegakan hukum, kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Sukabumi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika,” ungkapnya.

“Edukasi dan sosialisasi mengenai dampak negatif narkotika ini harus terus ditingkatkan. Yq sehingga masyarakat lebih berhati-hati dan sadar akan risiko yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkotika,” imbuhnya.

Baca juga:  DPD B3DIL Berbagi Takjil di Jalan Surade Ujunggenteng

Dijelaskan Retno, kegiatan ini merupakan sebagaipaya serius pemerintah untuk menekan penyalahgunaan narkotika yang merajalela di berbagai lapisan masyarakat, terutama di tempat-tempat hiburan malam yang seringkali menjadi sasaran operasi penegak hukum.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya harmonisasi P4GN dengan tim terpadu P4GN di Kabupaten Sukabumi mengajak kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, titik-titik rawan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sukabumi tidak lepas dari pantauan kami,” bebernya.

Tak hanya itu sambung dia, Indonesia darurat narkoba dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten tanggap ancaman bahaya narkoba.

Baca juga:  Oknum Guru di Sukabumi Dipolisikan, Begini Kronologisnya

Maka dari itu lokasi hiburan malam pun harus bersih dari penyalahgunaan narkoba. Hal ini merupakan amanah dari Inpres No. 2/2020, Rencana Aksi Nasional (RAN) tentang pentingnya penguatan pelaksanaan P4GN.

“Saya menyampaikan Apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya P4GN di wilayah Sukabumi yang kita cintai. Harapan kedepan adanya penggalangan kekuatan massif untuk bersama dalam perang melawan narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pelaksanaan penyisiran THM untuk diperiksa tes urine diantaranya Polres Sukabumi, DPRD Kabupaten Sukabumi, Kodim 0622 Sukabumi, Polisi Militer, Kesbangpol Sukabumi, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Pemuda dan Olahraga, Universitas Nusa Putera, Ikatan Apoteker Indonesia, hingga PWI Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait