Gandeng BP Batam, PD Muhammadiyah Sukabumi Gelar Seminar Ekonomi Nasional

Anggota DPR RI Heri Gunawan saat menjadi pemateri di seminar ekonomi nasional PD Muhammadiyah Sukabumi dan BP Batam yang digelar di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi.| Foto: Azis Ramdhani

LINGKARPENA.ID | Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah menggandeng BP Batam, menggelar seminar ekonomi guna membangun semangat ekspor dalam peningkatan ekonomi nasional. Seminar tersebut berlangsung di Hotel Taman Sari Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Minggu, 26 November 2023.

Pada seminar tersebut Anggota DPR RI Heri Gunawan menjadi narasumber dan memberikan pemaparan materi kepada para peserta. Turut hadir dalam seminar ekonomi nasional perwakilan BP Batam Ahmad Nur Fadli secara virtual.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Sukabumi, Yandra Utama Santosa mengatakan, kegiatan seminar yang turut berkolaborasi dengan BP Batam mengenai kemudahan berinvestasi di daerah Batam, sebagai pengenalan daerah Batam.

Menurut Yandra, seminar ini bisa menjadi pembelajaran buat warga Sukabumi, karena Batam sendiri memiliki potensi perekonomian tinggi dan daerah Batam berdekatan dengan negara Singapura.

Baca juga:  Pelajar Terkena Sabetan Celurit di Kota Sukabumi
Seminar peningkatan ekonomi nasional PD Muhammadiyah dan PB Batam.| Foto: Azis Ramdhani

“Intinya tadi sudah disampaikan dalam diskusi, kenapa Batam ini tidak berkembang seperti Singapura. Nah, kebetulan yang menjadi narasumber adalah Anggota DPR RI Heri Gunawan hapal betul dinamika yang terjadi sehingga menjelaskan tentang permasalahan politik ataupun birokrasi yang menjadi hambatan-hambatan kemajuan. Tentunya itu dibutuhkan oleh keputusan politik,” kata Yandra kepada wartawan seusai acara.

Meskipun begitu lanjut Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Sukabumi ini, adanya peran kepentingan daerah dengan BP Batam yang sampai hari ini belum terselesaikan dan itu jelas menghambat pada beberapa kemajuan daerah Batam.

Bahkan permasalahan kemarin menjadi sebuah isu nasional yang harus Pak Hergun sikapi dengan seksama. Akan tetapi intinya beliau menyampaikan bahwa anak-anak muda harus melek secara keilmuan dan wawasan kebangsaannya. Sebab, sejalan dengan tujuan Pemuda Muhammadiyah dibidang pemuda wirausaha serta sangat mengapresiasi pelaksanaan seminar BP Batam ini.

Baca juga:  Bupati Marwan Hadiri Penyalaan Listrik Baru BPBL di Kadudampit Sukabumi

“Peserta seminar dengan tujuan membangun semangat ekspor untuk peningkatan ekonomi Nasional ini dihadiri oleh berbagai kalangan. Diantaranya Aisyiyah, Muhammadiyah, Mahasiswa Nusa Putra dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah,” ungkapnya.

Yandra berharap dari pelaksaann kegiatan seminar ini bisa berdampak positif bagi pengetahuan kawan-kawan menambah wawasan dan informasi. Tentunya kegiatan tersebut sangat jarang dilakukan di Sukabumi, terutama informasi mengenai BP Batam.

Sementara itu Kepala BP Batam Muhammad Rudi melalui Ahmad Nur Fadil secara virtual menambahkan, tujuan BP Batam menggelar acara ini, sesuai temanya yakni sekedar bercerita tentang apa-apa yang telah dilakukan di Batam.

“Yang sedang dan akan dilakukan, ekspor ini tentunya berdampak kepada kelancaran Investasi di Kota Batam. Sehingga ini berpengaruh terhadap tingginya kegiatan ekspor dari pulau Batam ke berbagai negara,” paparnya.

Baca juga:  Wakil Bupati Sukabumi Tutup Bazar Ramadan Produk UMKM 1444 Hijriah di Cisaat

Dengan begitu sambung dia, harapan BP Batam adalah dengan sedikit berbagi kisah barangkali penduduk Sukabumi atau daerah lain khususnya para pelaku usaha bisa tertarik dan bersemangat untuk terus meningkatkan kegiatan ekspor.

“Harapan saya pada kegiatan ekspor ini daerah lain pun bisa turut andil, ya walau hanya sedikit. Tentu sebagai upaya meningkatkan pendapatan rakyat Indonesia diberbagai daerah,” terangnya.

“Sudah tentu, hal demikian secara ekonomi masyarakat indonesia akan lebih memiliki ketahanan ekonomi nasional, terutama yang ada kaitannya dengan kondisi himpitan ekonomi yang terjadi, baik secara regional maupun global. Ya semisal pandemi dan semacamnya,” pungkasnya.

Pos terkait