Hari Kedua, Ini Jumlah Pendaftar PPS Ke KPU Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat berada di lokasi pendaftaran PPS KPU Kota Sukabumi.| Foto: Istimewa

LINGKAPENA.ID | Hari Kedua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi membuka pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 tercatat sudah ada sekitar 200 orang yang mendaftar.

Dalam pendaftaran calon PPS pada Pemilu serentak tahun 2024 itu melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) ini dibuka dari 18 hingga 27 Desember 2022.

“Hingga hari kedua ini, calon PPS yang sudah daftar di Siakba ada lebih kurang 200 orang,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah, kepada wartawan, usai melaksanakan kegiatan sosialisasi pendaftaran calon PPS di Kecamatan Warudoyong, Selasa 20 Desember 2022.

Baca juga:  Dandim 0607 Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPS se Kota Sukabumi

Lanjut dia, adapun calon PPS yang dibutuhkan pada Pemilu serentak tahun 2024 ini, pihaknya membutuhkan 99 orang PPS di 33 Kelurahan Kota Sukabumi. Nantinya, setelah selesai penerimaan pendaftaran, akan dilakukan verifikasi administrasi terhadap calon anggota PPS.

“Jadi dari 33 Kelurahan di Kota Sukabumi, KPU membutuhkan tiga anggota PPS. Jadi total keseluruhan sebanyak 99 orang,” jelasnya.

Baca juga:  Selama Ramadhan, Polres Sukabumi Kota Gelar Cipkon dengan Razia Miras

Masih kata dia, sementra dengan tahapan seleksi untuk calon anggota PPS, dimulai dari penerimaan pendaftaran,lalu penelitian administrasi, lalu tes tertulis, selanjutnya tanggapan dari masyarakat, tes wawancara, dan yang terakhir penetapan anggota PPS.

“Jadi ada berbagai tahapan dulu untuk menjadi anggota PPS pada Pemilu serentak tahun 2024 nanti,” ungkapnya.

Setelah semua tahapan selesai calon anggota PPS juga beres, sambung Ratna, pada 14 Januari 2023 nanti akan dilakukan pelantikan kepala anggota PPS terpilih.

Baca juga:  Rekrutmen Calon Pantarlih di Kota Sukabumi Mulai Dibuka

“Jadi setelah selesai semua, pelantikan anggota PPS terpilih akan dilakukan pada 14 Januari 2023,” pungkasnya.

Pos terkait