Ini Jumlah Calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Tahun 2024

Para calon haji antusias mengikuti bimbingan haji.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Ribuan calon jemaah haji dan umroh Kabupaten Sukabumi, mengikuti kegiatan bimbingan teknis manasik haji tahun 1445 Hijriah atau April 2024.

Acara yang diprakarsai Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi ini berlangsung di GOR Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar, Selasa, 23 April 2024.

Para calon jemaah haji dan umroh antusias mengikuti kegiatan yang di pandu Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Boy Hari Novian tersebut.

“Hari ini saya hadir di GOR ini untuk memberikan materi manasik massal tingkat Kabupaten Sukabumi. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kemenag Kabupaten Sukabumi atas antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan manasik massal tadi,” ujar Boy Hari Novian, kepada wartawan.

Baca juga:  PMII Beri Rapot Merah Pemerintahan Fahmi-Andri, Ini Poinnya!

Menurut Novian, sekitar sembilan puluh persen calon jemaah haji dan umroh Kabupaten Sukabumi hadir dan mengikuti kegiatan bimbingan teknis.

“Tadi sesuai daftar yang hadir ada sekitar 1.702 peserta yang mengikuti kegiatan bimbingan tekhnis. Ini merupakan salah satu upaya baik dari Kemenag Kabupaten Sukabumi,” jelas Novian.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat juga sangat mengapresiasi atas antusiasnya para calon jemaah haji dan umroh yang hadir dalam kesempatan itu.

Baca juga:  Bangun Kemitraan UMKM Bersama Pelaku Usaha, DPTMTSP Kota Sukabumi Gelar Bimtek

“Tentunya kami dalam kegiatan bimbingan teknis ini menyampaikan beberapa kebijakan kebijakan yang diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama kepada para calon jemaah haji yang akan berangkat pada Tahun 2024 ini,” terangnya.

Lajut Novian, materi materi yang disampaikan dalam bimbingan manasik tadi salah satunya terkait suhu di arab saudi serta perlakuan khusus untuk para lansia.

“Perlu diketahui ya, untuk tahun ini sekitar 30 hingga 40 persen didominasi oleh lansia. Makanya kita memiliki tagline haji yaitu; #hajiramahlansia. Kami akan berusaha sebaik baiknya memberikan pelayanan untuk para jemaah haji lansia,” tandasnya.

Baca juga:  Dana BOS MA di Nyalindung Lelet, Kemenag Terkesan Lepas Tanggungjawab

Dijelaskan Novian, pelayanan khusus bagi lansia nantinya seperti menu makan khusus, penempatan kamar yang refresentatif juga mudah dijangkau oleh lansia mulai dari asrama haji hingga di tanah suci nanti.

“Untuk Jawa Barat ini ada penambahan kuota sebanyak 1.479 kota secara keseluruhan di bagi untuk 27 Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Seluruh kuota di Jawa Barat ini sebanyak 40.0201 kuota,” pungkasnya.

Pos terkait