Inilah Sosok Aiptu Sutomo dalam berkiprah di masyarakat. [Foto: Ist]

Kisah Aiptu Sutomo: Dorong Warga Banyuwangi Bangun Rumah Layak Huni, Simak Prestasinya!

NASIONAL SOSIAL

Lingkarpena.id, BANYUWANGI – Bagi Aiptu Sutomo, menjadi seorang polisi tak hanya bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saja. Akan tetapi juga membangkitkan kepedulian dan kesadaran sosial pada masyarakat sekitarnya.

Anggota Polsek Tegaldlimo, Polresta Banyuwangi ini telah berhasil mengajak warga di desa binaannya tersebut. Kegiatan yang dimotorinya, merupakan bergotong-royong memperbaiki rumah warga yang tak layak huni.

Baca juga:  Salah Kaprah! 29 Ribu ASN Terima Bansos, Kemensos Diminta Hati-hati Terima Usulan Pemda

“Polisi juga manusia. Saya hanya ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. Itu saja,” ujar Aiptu Sutomo, Minggu sore (31/10/2021) saat ditemui di kediamannya.

Hingga saat ini ada puluhan rumah yang telah diperbaiki Aiptu Sutomo bersama masyarakat. Dana perbaikan pun dikumpulkan dari swadaya masyarakat. Kegiatan ini telah dilakukan oleh Aiptu Sutomo sejak tahun 2018 yang lalu.

Baca juga:  Paguyuban Pasundan Berbagi: Santuni Yatim dan Jompo di Cianjur

“Dana yang terkumpul dari warga kemudian kita gunakan untuk melakukan bedah rumah. Perbaikan kondisi tempat tinggal warga secara bergiliran,” ujar Sutomo.

Masih kata dia, “Saya membuat daftar nama dan skala prioritas pelaksanaan perbaikan rumah dengan mengutamakan kondisi rumah warga yang paling kurang layak. Maka itu, yang didahulukan dalam perbaikannya,” jelas suami dari Sulistiani itu.

Baca juga:  Jadi Tersangka Dugaan TPK, Wakil Ketua DPR RI AZ Dijemput dan Ditahan KPK

Lebih lanjut Kasium Polsek Tegaldlimo itu mengatakan, perbaikan rumah bagi warga yang kurang mampu dilakukan dengan mengganti dinding yang semula dari bambu menggunakan batako. Lantai yang semula hanya tanah diplester. Atap yang bocor atau kayu yang rapuh diganti. Secara keseluruhan rumah menjadi semi permanen, lebih bersih dan lebih nyaman ditinggali.

Tinggalkan Balasan