Material longsoran pondasi mengancam rumah warga Bantargadung. | Foto: Istimewa

Longsor Ancam Rumah Warga di Kecamatan Bantargadung Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA

LINGKARPENA.ID – Bencana longsor mengancam rumah warga Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi. Intensitas hujan tinggi yang terjadi pada Senin 22 November 2021 kemarin menimbulkan longsor dan mengancam beberapa rumah warga di Desa Bojonggaling itu.

Longsor terjadi tepatnya di Kampung Cikananga RT 03/05 Desa Bojonggaling Kecamatan Bantargadung. Longsor mengancam rumah Odin dan rumah warga lainnya yang ada di bawahnya.

Baca juga:  Tiga Nyawa Selamat dari Amukan Api di Purabaya, Ini Penyebabnya!

Badan penanggulangan bencana kecamatan P2BK Bantargadung, segera melakukan koordinasi dengan muspika serta pemerintah desa setempat. Cek lokasi dan melakukan asesmen guna antisipasi longsor susulan.

“Longsor terjadi pada pukul 07:00 Pagi tadi. Tembok pada pondasi rumah Pak Odin ini longsor. Sementara ada beberapa rumah di bawahnya,” ucap P2BK Bantargadung dalam laporan tertulisnya yang disampaikan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 November 2021 siang.

Baca juga:  Longsor di Ciambar Sukabumi Menelan 1 Korban Jiwa

Akibat bencana itu, rumah Odin mengalami kerusakan dengan retakan yang cukup besar. Selain itu, longsor mengancam rumah warga lain yang berada di bawah rumah milik Odin itu. Petugas menyarankan agar pemilik rumah sementara waktu mengungsi. Hal itu dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“Rumah Odin dihuni oleh 3 jiwa. Taksiran kerugian materi akibat bencana itu di angka 30 juta Rupiah. Pemilik rumah sudah diberikan himbauan agar mengosongkan rumahnya terlebih dahulu. Ya mengingat cuaca sangat ekstrem hujan masih akan terus mengguyur. Khawatir longsor akan kembali terjadi,” imbuhnya.(**)

Baca juga:  Kades dan Warga Kecam Aktivitas Tambang Diduga Ilegal di Lahan HGU, Minta Penindakan Instansi Terkait

 

 

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan