Maraknya Tebang Pohon Berdalih Pembangunan, LSM Dampal Jurig Layangkan Surat ke Pemkot Sukabumi

Kondisi kakija Raya Kota Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID|Maraknya kegiatan penebangan pohon kakija raya di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dampal Jurig Layangkan Surat ke Wali Kota Sukabumi, pada Senin, (05/06/2023).

Diketahui tanggal 05 Juni ini merupakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui tema “Beat Plastick Pollution”.

Ketua Umum LSM Dampal Jurig didampingi Ketua Cabang LSM Dampal Jurig dr Hondo Suwito beserta jajaran anggota pemerhati lingkungan hidup mengatakan, maksud dan tujuan melayangkan surat resmi sebagai penyambung aspirasi dari berbagai kalangan masyarakat dan komunitas peduli lingkungan, seperti Mapala dan konservasi alam Sukabumi.

Baca juga:  Iyos Pensiun, Zaenul Dilantik Jadi Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi
Ketua LSM Dampal Jurig saat memberikan surat permohonan audiensi kepada Pemmkot Sukabumi.| ist

“Iya, maraknya penebangan pohon kanan kiri jalan di sekitar ruas jalan raya Kota Sukabumi yang sudah berdiri puluhan tahun yang lalu ditanam oleh nenek moyang kita karena banyak manfaat dari banyaknya pohon yang tumbuh di wilayah kota Sukabumi,” kata Irvan Azis dalam keterangannya kepada Lingkarpen.id.

Meskipun demikian lanjut dia, belakangan ini marak pohon-pohon tersebut ditebang dengan dalih pembanguan dan yang lainnya meskipun mengacu pada aturan.

“Kami sangat menyayangkan pemerintah Kota Sukabumi dengan apa yang telah dilakukan. Apapun dalihnya LSM Dampal Jurig mengutuk keras sikap itu,” tegasnya.

Baca juga:  Polres Sukabumi Kota Sambut Kunker Kapolda Jabar, Simak 5 Pesan Penting Irjen Pol Suntana

“Ya disaat Lsm Dampal Jurig melakukan gerakan penanaman pohon di berbagai wilayah Sukabumi malah dengan Karang Taruna Kota Sukabumi, Pemkot malah buat penjarangan,” sambungnya.

Saat itu sambung Irvan, pihaknya baru-baru ini melakukan penanaman pohon dan membagikan ribuan pohon gratis jenis ekaliftus dan buah-buahan untuk warga kota Sukabumi di peringatan hari air sedunia.

Selain itu, pihaknya malah melakukan pembagian pohon gratis untuk warga Kota Sukabumi untuk ditanam. Sejumlah pohon produktif dan konservasi ditanam di wilayah Sindangpalay Kecamatan Baros, Kota Sukabumi dan bekerjasama dengan KKM Pasim serta warga masyarakat.

Baca juga:  37 Terduga Pelaku Pengedar dan Pemakai Narkoba Ditangkap Satres Narkoba Polres Sukabumi Kota

“Intinya dengan dilayangkannya surat tersebut, LSM Dampal Jurig berharap pemerintah Kota Sukabumi melalui Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi beserta jajarannya dapat menjelaskan alasan dan tindak lanjut kedepannya seperti apa? Jadi kami minta Pemkot Sukabumi dapat menerima LSM Dampal Jurig untuk audensi secara tatap muka,” bebernya.

LMS Dampal Jurig juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Hari lingkungan Hidup Sedunia ini mengisi melalui karya nyata sesuai kemampuan dan ikut mengkampanyekan gerakan kendalikan sampah plastik sesuai tema hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023,” pungkasnya.

 

Pos terkait